Bagaimana Cara Membangun Reputasi di Tempat Kerja? - Male Indonesia
Bagaimana Cara Membangun Reputasi di Tempat Kerja?
MALE ID | Works

Setiap orang selalu berusaha membangun reputasi baik di manapun ia berada. Entah di lingkungan orang-orang terdekat, komunitas tertentu atau bahkan di tempat kerja. Meski ada pepatah mengatakan bahwa menjadi diri sendiri jauh lebih baik, ada kalanya kita menerima saran dari luar demi kepribadian kita sendiri.

membangun reputasi - Male Indonesiapxhere.com

Sangat penting halnya membangun reputasi di tempat kerja. Tujuannya tidak lain agar Anda mengetahui bagaimana pendapat seseorang terkait diri Anda. Jika reputasi terlihat baik, otomatis kinerja Anda juga turut mengesankan di mata atasan.

Hanya saja, mewujudkan hal itu bukan perkara gampang. Beberapa tahapan harus Anda lalui agar karier tetap aman dan berlanjut ke jenjang lebih tinggi. Lantas bagaimana caranya membangun reputasi di tempat kerja?

Memperlihatkan Gestur Positif
Sebelum Anda berbicara, hal pertama yang diperhatikan orang adalah penampilan dan gestur tubuh. Kenakan pakaian sepantasnya namun tidak berlebihan, sesuai lingkungan kerja. Gestur positif juga akan menentukan penilaian seseorang terhadap Anda. Jangan ragu memberi senyum dan raut wajah bersahabat, seolah-olah Anda tertarik pada topik yang sedang dibahas. Kesan positif jelas terlihat tanpa mengeluarkan satu patah kata pun.

Konsisten
Konsisten di sini artinya Anda harus menentukan sikap kepada orang-orang yang berada di lingkungan kerja. Sikap saling menghormati dan menghargai antara sesama karyawan atau atasan sangat penting dalam menjalin hubungan yang positif. Intinya, Anda tetap harus konsisten walau menghadapi orang dengan jabatan apapun, tak peduli apakah ia lebih tinggi atau justru berada di bawah Anda.

Menawarkan Bantuan
Seseorang akan respect dari cara Anda menghadapi rekan kerja yang sedang mengalami kesulitan. Jangan ragu menawarkan bantuan kepada rekan kerja dalam berbagai hal, selama masih sanggup Anda lakukan. Kepekaan melihat kondisi orang lain sudah sepatutnya Anda miliki.

Menunjukkan Sikap Antusias
Dalam setiap pertemuan kantor, usahakan ikut berpartisipasi. Tunjukkan sikap antusias bahwa Anda ingin lebih jauh mengenal rekan kerja yang lain. Bukan cuma sebatas mengingat nama, melainkan juga latar belakang dan cerita mereka. Hubungan emosional yang baik antar sesama karyawan berpotensi memudahkan proses bekerja sama.

Mengerjakan Tugas Melebihi Ekspektasi Perusahaan
Poin terakhir ini wajib Anda camkan jika ingin membangun reputasi di tempat kerja. Cobalah bekerja melebihi ekspektasi perusahaan. Misalnya saja Anda menyelesaikan tugas jauh lebih cepat dari deadline yang telah ditetapkan, atau memberi laporan mengenai progress selama Anda bekerja. Terdengar sulit? Tidak juga, sebab hal tersebut efektif membuat reputasi Anda semakin melambung.**GP

SHARE