Makanan Cepat Saji Bisa Menumbuhkan Rambut? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Makanan Cepat Saji Bisa Menumbuhkan Rambut?
Sopan Sopian | Looks

Di luar banyak sekali sampo yang bisa menumbuhkan rambut alias memperbaiki kebotakan. Karena dengan tebalnya rambut, tentu memiliki efek tersendiri pada penampilan. Tapi tahu kah Anda bahwa makanan cepat saji (junk food) konon bisa menumbuhkan rambut?

menumbuhkan rambut - Male Indonesiapexels.com

Menumbuhkan rambut dan makanan cepat saji seperti kentang goreng jika dipikir secara logika memang tidak ada kaitannya. Mungkin secara umum, makanan cepat saji lebih lekat pada obesitas. Karena, lemak-lemak tak sehat dalam produk-produk hasil olahan susu, kentang goreng, burger dan milk shake akan langsung mempengaruhi otak dan mematikan sistem peringatan yang berfungsi memberi informasi saat seseorang merasa kenyang.

Sebagai akibatnya, rasa lapar yang dialami orang tersebut tidak terpuaskan dan berdampak pada keinginan makan secara berlebihan bahkan hingga tiga hari setelah memakan junk food tersebut. Untuk itu, sebuah penelitian di Jepang, mencoba membalikan fakta tersebut untuk menyembuhkan kebotakan. Di mana makanan cepat saji yang salah satunya kentang goreng mengandung rahasia untuk menumbuhkan rambut

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Yokohama National University dan diterbitkan dalam jurnal Biomaterials menerbitkan beberapa makanan cepat saji. Di mana, mereka menemukan kandungan dimethylpolysiloxane, yaitu zat di dalam minyak untuk menghentikan percikan atau berbusa. Zat itu konon sanggup merangsang pertumbuhan rambut.

Para ilmuwan telah berhasil menguji komponen yang bernama chemical dimethylpolysiloxane tersebut pada rambut tikus, menggunakan sel induk manusia. Diawali dengan memasukkan sel ke dalam chip kecil yang disebut 300-microwell array yang lalu disuntikkan pada sang hewan. 

Folikel segar pun bertumbuh berkat kandungan itu sehingga menghasilkan rambut hitam baru yang lebat. Riset juga membuktikan bahwa sebanyak 5 ribu hair follicle germs (HFGs) sanggup terproduksi dalam waktu singkat.  

Hal ini merupakan penemuan HFGs pertama oleh tim peneliti Jepang, dan menurut ketua tim riset, profesor Junji Fukuda, metode simpel ini sanggup menciptakan obat ampuh untuk atasi rambut rontok. "Kami berharap teknik ini akan memperbaiki terapi regeneratif rambut manusia untuk mengobati rambut rontok seperti androgenic alopecia," tutur Fukuda.

Dengan kata lain, percobaan ini belum pernah diujicobakan pada manusia. Tinggal menunggu penelitian selanjutnya. Apakah minyak dalam penggorengan makanan cepat saji benar-benar ampuh pada manusia. ** (SS) 


 

SHARE