Mengubah Micro SD Jadi Memori Internal Smartphone - Male Indonesia
Mengubah Micro SD Jadi Memori Internal Smartphone
MALE ID | Digital Life

Di zaman serba digital, micro SD dan memori internal smartphone sangatlah penting. Karena bagi sebagian orang, smartphone sudah seperti alat penyimpanan file seperti flashdisk

memori internal - Male Indonesiapxhere.com

Namun, tidak sedikit juga ada sudah lebih nyaman dengan memori internal. Tetapi memori internal tentunya memiliki keterbatasan. Sehingga tidak sedikit beberapa orang yang menggunakan micro SD untuk mendukung penyimpanan dalam ponsel.

Meski memiliki slot micro SD, ternyata masih banyak juga orang yang memburu smartphone dengan memori internal yang besar. Berarti ada kenyamanan tersendiri ketika memiliki smartphone dengan memori yang luas.  

Selain itu, bagi Anda yang malas dengan dua memori antara memori internal dan eksternal. Kini Anda bisa mengubah memori eksternal (micro SD) menjadi memori internal untuk smartphone Anda. Bahkan saat ini Google meleluasakan pengguna untuk memilih micro SD Anda untuk menjadi memori portable atau menjadi bagian dari memori internal.

Syarat dan Cara Mengubahnya
Mengubah micro SD menjadi memori internal ini tidak bisa dipakai pada semua smartphone. Syaratnya hanya untuk smartphone berbasis Android dengan OS 6.0 Marsmallow ke atas. Mengapa?

Alasannya, dalam smartphone berbasis Android 6.0 Marsmallow ke atas memiliki fitur untuk mengubah micro SD menjadi memori internal. Nantinya MicroSD tersebut akan di perlakukan layaknya memori internal.

Yang artinya, Anda dapat meng-install aplikasi dan menyimpan data-data aplikasi di memori tersebut, bahkan aplikasi yang memiliki widget dan proses background. Kemudian, jika Anda mengatur micro SD jadi memori internal, microSD tersebut tidak akan bisa terbaca oleh device lain. 

Lalu bagaiman cara mengubah dan memanfatkan fitur tersebut? Langkahnya tidaklah begitu sulit untuk mengubah microSD jadi memori internal ini. Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah kualitas micro SD itu sendiri. 

Pastika memori yang Anda gunakan adalah SD card dengan kecepatan yang memadai misalnya micro SD class 10. Hal itu perlu di perhatikan. Lantaran jika Anda menggunakan microSD dengan harga yang terjangkau tentunya tidak memiliki kecepatan yang mumpuni, hal ini akan menghambat proses smartphone Anda untuk membaca memori. Sehingga ini bisa memperlambat smartphone Anda sendiri. ** (SS)
 

SHARE