Cerita Doppelganger di Luar Nalar yang Mengerikan  - Male Indonesia
Cerita Doppelganger di Luar Nalar yang Mengerikan 
MALE ID | Story

Cerita doppelganger ini sebenarnya telah mendunia. Namun dari sekian banyak cerita, hampir memang tidak bisa diterima akal sehat, karena mengerikan dan menakutkan bagi yang mendengar atau melihatnya. 

Cerita doppelganger - male IndonesiaPhoto by Sharon McCutcheon on Unsplash

Selain itu, mengapa Cerita doppelganger di luar nalar? Karena bagi yang tidak merasakannya itu seperti dongeng saja atau cerita khayalan dari orang-orang depresi. Namun perlu Anda ketahui lebih dahulu, istilah doppelganger berasal dari kata Jerman yang berarti "Double Walker". Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada bayangan diri yang dipercaya menyertai setiap manusia di bumi ini.

Fenomena ini berbeda dengan penampakan hantu. Jika penampakan hantu berarti seseorang melihat citra orang yang telah meninggal, maka fenomena doppelganger berarti melihat bayangan seseorang yang masih hidup. Dalam banyak kasus, doppelganger dipercaya sebagai tanda-tanda kematian. Konon Ratu Elizabeth I berjumpa dengan bayangan dirinya sendiri sebelum meninggal.

Cerita doppelganger - male IndonesiaIlustrasi by Lady Orlando/flickr

Kasus ini pertama kali muncul pada 1691, ditemukan catatan mengenai doppelganger yang ditulis oleh Robert Kirk yang menulis bahwa fenomena ini telah muncul dalam kisah-kisah rakyat Skotlandia dan Irlandia. Selain Ratu Elizabeth I dan catatan kuno, ternyata ada tiga orang lain yang mengalami doppelganger

1. Abraham Lincoln
Cerita doppelganger yang pernah terdengar adalah pengalaman Abraham Lincoln. Presiden Amerika ini saat itu sedang duduk di kursinya dan melihat bayangan dirinya di cermin memiliki 2 wajah. Bayangan lainnya pucat dan berhantu, ia terkejut dan berdiri dari kursinya. Lalu bercerita kepada sang istri.

Istrinya mendengarkan cerita dari Lincoln dan mengatakan bahwa bayangan tersebut memberikan tanda bahwa dirinya akan di pilih kedua kalinya untuk menjadi presiden Amerika namun ia tidak akan hidup setelah menjadi presiden Amerika untuk kedua kalinya.

Kejadian yang dialami Lincoln juga ternyata dituturkan kembali oleh Noah Brooks seorang jurnalis yang mendapatkan cerita doppelganger langsung dari Lincoln. Diceritakan bahwa saat Lincoln terpilih menjadi presiden, ia menjumpai "dirinya" dengan dua wajah di ruang tamunya. 

Satu wajah lebih pucat dibanding yang lainnya. Ketika ia mendekatinya, bayangan itu menghilang. Beberapa hari kemudian, bayangan dirinya dengan dua wajah itu kembali muncul. 

2. Johann Wolfgang von Goethe
Cerita kedua dialami oleh seroang penulis, penyair, dan politisi berasal dari Jerman. Suatu hari Goethe yang sedang berjalan-jalan dan depresi karena meninggalkan wanita bernama Frederika bertemu dengan sosok misterius yang berjalan kearah dirinya.

Saat itu Goethe melihat sosok tersebut dengan mata batinnya bukan dengan matanya secara langsung. Sosok misterius yang ia lihat tidak lain dan tidak bukan adalah Goethe sendiri walaupun dengan baju yang berbeda, tidak lama sosok itu kemudian menghilang.

8 tahun kemudian Goethe menemukan dirinya berjalan di jalan yang sama ketika dirinya menemui doppelganger dirinya. Tiba-tiba ia menyadari bahwa ia menggunakan pakaian yang sama dengan sosok doppelganger dirinya 8 tahun yang lalu.

3. Dr.Wynn Wescott
Cerita doppelganger selanjutnya datang dari British Museum of London. Kala itu menunjukan waktu 12 April 1888, di mana Dr. Wynn Wescott dan Pendeta W.T Lemon dijadwalkan untuk bertemu di ruang baca museum. Pendeta Lemon mencoba datang beberapa menit lebih awal.

Namun, kala itu Pendeta Lemon melihat Dr. Wescott sedang terlibat pembicaraan dengan seorang rekannya yang bernama Mrs. Salmon. Setelah selesai, Mrs Salmon melwati Pendeta Lemon dan memberikan salam. Lalu, Mrs Salmon menoleh ke Dr.Wescott untuk memberitahu bahwa Pendeta Lemon telah tiba. Namun ia terkejut karena menyadari bahwa Dr. Wescott tiba-tiba menghilang.

Pendeta Lemon dan Mrs. Salmon lalu bertanya kepada resepsionis dan petugas museum lainnya. Namun mendapatkan jawaban yang serupa. Kaget dan kuatir, mereka mengecek ke rumah Dr. Wescott dan tidak disangka mereka menemukan Dr. Wescott sedang terbaring di ranjang, sakit dan tidak meninggalkan tempat tidurnya sejak pagi. ** (SS)


 

SHARE