Penyebab Bibir Hitam Meski Anda Bukan Perokok - Male Indonesia
Penyebab Bibir Hitam Meski Anda Bukan Perokok
MALE ID | Looks

Banyak sebab yang membuat bibir hitam pada pria. Paling umum yang sebabkan bibir menghitam pastinya adalah rokok. Padahal masih banyak lagi yang menyebabkan bibir cerah Anda menghitam.

bibir hitam - Male Indonesia
pixabay.com

Memiliki bibir hitam memang terlihat tidak menarik. Pucat, seperti tidak terawat. Tentu hal ini akan mengganggu penampilan Anda yang telah maksimal. Hal ini juga bisa mengganggu Anda terhadap pandangan wanita. Tidak sedikit wanita yang memandang pria berbibir hitam adalah perokok. Padahal tidak semuanya seperti itu.

Mungkin Anda kerap bertanya-tanya pada diri Anda sendiri mengapa area warna bibir Anda berubah menghitam meski tidak merokok. Padahal, dahulu penampilan Anda selaras dengan bibir yang cerah dan dapat dengan mudah memikat wanita. 

Ketika Anda berpikir seperti itu, patut Anda ingat-ingat kebiasaan sehari-hari Anda. Karena bibir hitam juga banyak disebabkan oleh kebiasaan yang tidak disadari. 

1. Mengonsumsi Kafein Berlebih
Meski bukan perokok, Anda mungkin pecinta kopi. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab bibir hitam yang mungkin Anda alami. Dan biasanya hal ini tidaklah sadari. Bisa saja ketika lembur kerja Anda bisa menghabiskan bergelas-gelas kopi. Kafein yang terdapat dalam kopi yang Anda minum, sebenarnya merupakan zat diuretik yang dapat membuat Anda sering buang air kecil. 

Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan Anda mengalami dehidrasi, karena cairan terus keluar melalui urin. Sedangkan dehidrasi bisa membuat bibir Anda pecah-pecah, tidak sehat, dan warnanya berubah menjadi lebih gelap.

2. Bibir kering
Sebagai pria, bibir kering sudah menjadi biasa. Karena memang pria jarang menggunakan pelembab untuk melindungi area mulut ini. Namun tanpa sadar, hal ini dapat menyebabkan bibir menghitam. 

Kulit bibir yang selalu terbuka, membuat kelembapannya mudah sekali hilang, apalagi jika di cuaca panas. Bibir yang kering dapat menyebabkan bibir tersebut mengalami pecah-pecah dan berpeluang untuk menggelap secara perlahan.

3. Minum Alkohol
Mengapa minum minuman beralkohol dapat menyebabkan bibir hitam? Alasannya, asam yang terkandung di dalam alkohol adalah alasannya. Tidak hanya itu, terlalu banyak minum alkohol bisa mengakibatkan Anda mengalami dehidrasi, meskipun alkohol adalah cairan. Sementara, salah satu dampak dehirasi adalah membuat bibir pecah-pecah dan kemudian mengubah warna bibir menjadi lebih hitam.

4. Sering Terpapar Sinar Matahari
Penyabab lain yang membuat bibir hitam adalah seringnya Anda berada di luar ruangan atau sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari ini akan membentuk melanin yang berlebih (hiperpigmentasi) sehingga memengaruhi warna kulit Anda, termasuk bibir. Bagian wajah adalah bagian yang paling berpeluang untuk mengalami hiperpigmentasi karena sering terkena sinar matahari langsung.

5. Anemia
Penyabab bibir hitam terakhir adalah anemia. Kondisi ini disebabkan karena Anda kekurangan hemoglobin atay zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Zat tersebut yang memberikan warna merah pada darah, sehingga perubahan warna kulit di beberapa bagian, salah satunya adalah bibir bisa menghitam. ** (SS)

SHARE