Sebelum Anda Meminta Kenaikan Jabatan, Lakukan ini - Male Indonesia
Sebelum Anda Meminta Kenaikan Jabatan, Lakukan ini
Gading Perkasa | Works

Anda mungkin merasa telah bekerja dengan baik dan mempunyai loyalitas tinggi bagi perusahaan, namun pernahkah Anda bertanya mengapa kenaikan jabatan tak kunjung didapat?

kenaikan jabatan - male IndonesiaPhoto by Nik MacMillan on Unsplash

Sebuah survei dari TotalJobs terhadap 5.000 pekerja di Inggris menemukan fakta, bahwa sebanyak 67% pekerja mengalami penolakan ketika meminta promosi atau kenaikan jabatan. Hal ini menyebabkan motivasi kerja menurun. Hanya 12% pekerja mengatakan, mereka merasa ‘benar-benar’ bekerja.

Penolakan yang dilakukan atasan mereka tentu dilandasi oleh beberapa faktor. Nah, pastinya MALEnials tak ingin bernasib sama seperti yang dialami mayoritas peserta dalam survei, kan? Maka, Anda perlu memastikan terlebih dulu apakah Anda memang layak memperoleh kenaikan jabatan atau tidak.

Menurut Liz Walker, HR Director Unum, perusahaan penyedia asuransi di Inggris, sedikitnya ada lima langkah yang bisa diterapkan demi mewujudkan niatan Anda tersebut. Antara lain:

Melakukan Observasi
Percakapan tentang kenaikan gaji dan jabatan harus didukung oleh data. Lakukan penelitian agar Anda mengetahui nilai dari peran kita terhadap perusahaan sebelum mengajukan promosi kepada atasan. Intinya, Anda perlu landasan kuat yang mendukung pengajuan tersebut.

Walker mengatakan, seseorang bisa mencari informasi gaji yang sesuai posisinya melalui berbagai situs di internet. Cara ini sangat membantu ketika atasan menanyakan berapa jumlah kenaikan gaji yang diharapkan.

Minta Saran Bagaimana Cara Memperbaiki Diri
Tanyakan kepada rekan kerja, apa yang dapat Anda lakukan agar bisa menempatkan posisi dengan baik di peran selanjutnya. Barulah gunakan feedback itu untuk memastikan, bahwa Anda sudah on the right track dalam mencapai target karier ke depan.

Menyampaikan Tujuan Kepada Atasan
Jika Anda telah bekerja paling tidak selama enam bulan, buat janji bertemu dengan atasan. Walker menyarankan agar kita memberi tahu tujuan utama permintaan promosi itu. Yakinkan atasan, Anda akan melakukan sesuai kemampuan dan secara sungguh-sungguh.

“Biarkan mereka tahu bahwa tujuan utama Anda adalah mengejar keunggulan dalam peran saat ini dan tujuan jangka panjang yaitu maju secara profesional melalui perusahaan,” kata Walker.

Beritahu kesuksesan Anda Secara Rinci
Walker menyebut betapa pentingnya mengomunikasikan prestasi yang telah Anda raih kepada tim dan manajemen. Menurutnya, dunia kerja sangat sibuk dan atasan tidak mungkin selalu mengingat tanggung jawab tambahan yang Anda handle. Jadi, Anda wajib memberikan rincian spesifik tentang pencapaian Anda, termasuk pekerjaan tambahan yang telah diselesaikan dan membawa dampak positif bagi perusahaan. “Mudahkan atasan melihat Anda adalah pemain bintang yang pantas memperoleh kenaikan jabatan,” ujarnya.

Lihat dari Sudut Pandang Berbeda
Anda juga perlu memikirkan sudut pandang atasan saat hendak meminta promosi atau kenaikan gaji. Dengan melihat dari perspektif berbeda, Anda bisa meminta promosi secara objektif.**GP

SHARE