Fakta Di Balik Melegendanya Nama Carlos Santana - Male Indonesia
Fakta Di Balik Melegendanya Nama Carlos Santana
MALE ID | News

Nama Carlos Santana di dunia musik sudah begitu melegenda. Memang, ia bukan gitaris solo seperti Joe Satriani atau Steve Vai. Sosoknya sering terlihat memainkan lagu bersama musisi lain dalam format band. Namun di format band inilah, Santana justru terlihat menonjol di antara lainnya, melebihi vokalis sekalipun.

nama carlos santana male indonesia

ian/wikipedia

Ketika Santana bermain, melodi gitar yang ia hasilkan begitu kental dan khas, perpaduan antara musik jazz, latin serta musik tradisional Meksiko. Jika boleh diibaratkan, tanpa diberitahu siapa yang memainkan musik demikian, orang sudah pasti akan menyebutkan nama Carlos Santana. Sebut saja lagu-lagunya seperti Corazon Espinado, Smooth, Black Magic Woman, Maria Maria, The Game of Love, Dar Um Jeito serta masih banyak lagi.

Lantas, seperti apa fakta di balik melegendanya sosok bernama lengkap Carlos Augusto Alves Santana ini? Simak uraian selengkapnya MALEnials!

Terlahir dari Keluarga Musisi
Sejak kecil, ia sudah begitu dekat dengan dunia musik. Ayahnya sendiri adalah seorang pemain biola. Di usianya yang baru lima tahun, Santana tertarik belajar bermain biola kepada ayahnya. Alat musik gitar baru ia tekuni ketika menginjak usia delapan tahun. Paska keluarganya pindah ke Tijuana, ia mulai bermain di sejumlah bar. Band pertamanya, Santana Blues Band, dibentuk di San Francisco pada tahun 1967.

Pernah Menjadi Tukang Cuci Piring
Pernahkah Anda menyangka, sebelum nama Carlos Santana dikenal di seluruh dunia, ia bekerja sebagai pencuci piring di sebuah restoran? Yup. Hal itu dilakukan selepas masa SMA guna memperoleh penghasilan.

Dikenal Secara tidak Sengaja

nama carlos santana male indonesia
Heinrich Klaffs/wikipedia

Suatu waktu, Fillmore West, pertunjukan musik yang digagas Bill Graham mengalami masalah. Sebuah band yang dijadwalkan tampil harus batal karena gitarisnya mabuk berat, sementara Bill kelabakan mencari band pengganti. Salah seorang teman Santana yang mengenal Bill kemudian mengusulkan nama Carlos Santana untuk mengisi acara. Usai dites dan mendapat persetujuan, Santana tampil sendiri di atas panggung dan permainan gitarnya mampu memukau penonton, termasuk Bill Graham. Ia kemudian membentuk Santana Blues Band bersama David Brown dan Gregg Rolie. Penampilan apik di Woodstock 1969 membuat mereka dikontrak oleh Columbia Records.

Gitar Pertamanya dari Sang Ayah
Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa gitar pertamanya adalah gitar pemberian sang ayah. “Gitar Gibson hollow (berongga) yang besar seperti milik Wes Montgomery. Saya senang bisa belajar bending dari gitar ini, serta memainkan kord dan ‘terhubung’ dengan BB King,” ujar Santana.

Gitar tertua

Gitar tertua milik Santana adalah Fender Stratocaster ‘54. Ia (Santana-red.) mengatakan, seseorang harus menerapkan ‘pendekatan’ berbeda saat memainkan gitar tersebut. “Ketika Jimi Hendrix, Eric Clapton atau Stevie Ray Vaughan bermain, mereka berdiri memainkan gitar seolah-olah mereka memegang penyembur api. Anda tidak dapat memperlakukan Stratocaster seperti membelai anjing pudel. Berdirilah seperti Rambo!” katanya.

Perasaannya di Atas Panggung
“Setiap kali saya naik ke atas panggung, rasanya saya seperti berada di air terjun Niagara, penuh energi dan berkah yang baik. Saya bisa menggunakan gitar untuk melakukan apa pun yang saya mau.”

Berenang Usai Konser
Santana punya kebiasaan unik setelah menggelar konser, yaitu berenang. “Konser selesai, saya pulang ke rumah dan melompat ke kolam renang. Saya senang berendam serta memejamkan mata tanpa memikirkan hal lain barang sejenak,” tuturnya.**GP

SHARE