Kriteria Pemimpin Idaman di Mata Milenial - Male Indonesia
Kriteria Pemimpin Idaman di Mata Milenial
MALE ID | Works

Jika kami boleh bertanya, kira-kira seperti apa kriteria pemimpin idaman menurut MALEnials? Apakah ia harus terlihat berwibawa, memperhatikan hal-hal secara detail atau justru jarang di kantor sehingga karyawannya bebas melakukan apapun?

kriteria pemimpin Male Indonesia Pixabay.com

Pada dasarnya, kriteria pemimpin ideal adalah seseorang yang mampu menjadi sosok panutan dan penentu dalam sebuah perusahaan. Namun kenyataannya, hampir sebagian besar pekerja justru enggan bila harus berhadapan dengan pemimpin mereka dan lebih memilih menghindar.

Alhasil, komunikasi yang terjalin menjadi kurang lancar dan mengakibatkan koordinasi pekerjaan terganggu. Jika Anda punya niatan memimpin perusahaan suatu hari nanti, Anda wajib tahu seperti apa kriteria pemimpin idaman di mata milenial yang membuat mereka nyaman dan betah bekerja. Watch this!

Cenderung Terbuka Menerima Kritik
Poin pertama, pemimpin harus terbuka dalam menerima kritik, sehingga karyawan akan lebih terbuka menyampaikan pendapat mereka. Selain meningkatkan kesejahteraan, kritik mereka turut membangun perusahaan. Karyawan tentu senang karena opininya didengar dan merasa dihargai. Kendati demikian, Anda sebagai pemimpin tetap mesti mengambil keputusan secara bijak.

Ide kreatif dan Memberikan Sudut Pandang Berbeda
Sebagai pemimpin kekinian, Anda wajib menjabarkan sesuatu melalui sudut pandang berbeda saat memberikan solusi dan menghasilkan ide-ide kreatif. Tujuannya agar karyawan menjadi lebih aktif sewaktu diskusi dan terpacu mengikuti Anda. Bukan cuma membuat mereka nyaman, melainkan Anda juga memotivasi mereka daripada hanya sekadar memerintah.

Pemimpin yang Loyal
Pemimpin yang loyal sangat disukai oleh para karyawan. Mereka akan merasa pekerjaannya berharga bagi kelangsungan perusahaan serta diperhatikan oleh Anda. Bagaimanapun, maju tidaknya perusahaan juga bergantung dari kerja keras karyawan yang Anda punya.

Mudah Membaur dengan Bawahan
Kriteria pemimpin idaman di mata milenial selanjutnya, ia harus memiliki gaya kepemimpinan yang santai dan mudah berbaur dengan bawahan. Jika Anda menerapkannya, karyawan menjadi lebih terbuka kepada Anda, sementara Anda pun memahami apa sebenarnya keinginan karyawan. Tetapi tetaplah bersikap tegas sehingga Anda disukai sekaligus dihormati oleh bawahan.

Punya Visi Jauh ke Depan
Pemimpin di era seperti sekarang dikenal sering melahirkan inovasi. Anda pun harus demikian. Pastikan agar Anda mempunyai visi jauh ke depan terkait bagaimana arah perusahaan hendak berkembang, supaya karyawan tidak menganggap remeh Anda.

Setiap pemimpin tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang paling penting adalah, cara Anda menyeimbangkan kedua hal tersebut. Dengan begitu, karyawan akan hormat sekaligus senang punya atasan seperti Anda.

SHARE