Alat Canggih di Tokoh Animasi yang Jadi Kenyataan - Male Indonesia
Alat Canggih di Tokoh Animasi yang Jadi Kenyataan
MALE ID | Digital Life

Dahulu kala, gadget atau alat canggih yang berguna bagi kehidupan manusia hanya bisa kita temui di dalam buku atau film animasi saja. Salah satunya bisa MALEnials lihat di karakter Doraemon. Tokoh kucing ajaib karya Fujiko F. Fujio yang populer di era 90-an.

alat canggih - Male IndonesiaPxhere.com

Dengan kantong ajaibnya, ia menyimpan berbagai macam alat canggih. Peralatannya mempunyai fungsi yang memungkinkan manusia melakukan banyak hal, bahkan nyaris mustahil dan dianggap melampaui zaman, bila boleh dibilang begitu.

Kendati demikian, seiring perkembangan teknologi, setiap orang berlomba-lomba mewujudkan alat canggih tersebut menjadi kenyataan dan bermanfaat bagi banyak pihak. Berikut alat-alat yang dimaksud.

Konyaku penerjemah (Google Translate in real)

Konyaku penerjemah berupa sejenis gel dimana mampu membuat orang yang mengonsumsinya paham berbagai bahasa. Di kehidupan nyata, fungsinya digantikan oleh Google Translate. Menggunakan jaringan internet dan sistem kecerdasan buatan, alat ini dapat menerjemahkan kata ke lebih dari 100 bahasa, termasuk men-translate kata asing yang berada di sebuah gambar lewat kamera smartphone. Belakangan, alat penerjemah bertambah canggih. Google Pixel Buds bisa secara langsung menerjemahkan ke telinga penggunanya saat seseorang sedang berbicara.

Mesin pembaca mimpi (NeuroSky in real)

Mesin pembaca mimpi akan mengintip mimpi siapa saja dan ditayangkan melalui sebuah layar. Seorang ilmuwan asal Amerika Serikat berhasil mengimplementasikan mesin itu ke dunia nyata, dengan nama NeuroSky. Bedanya, NeuroSky tidak menampilkan wujud mimpi secara visual, melainkan grafik yang butuh diinterpretasi sendiri. Sehingga, alat ini dapat menebak mimpi seseorang melalui frekuensi gelombang alpha dan gamma yang ditampilkan.

Sarung tangan super (Exoskeleton in real)

Saat Nobita mengenakan sarung tangan super pemberian Doraemon, kekuatannya bisa meningkat berlipat ganda guna melawan Giant. Kini, fitur sarung tangan tersebut terdapat pada Exoskeleton, namun dikenakan pada seluruh bagian tubuh alias merupakan sebuah kostum. Alat ini mampu meningkatkan kekuatan genggaman tangan, dan tengah diuji coba pada beberapa bidang, seperti medis dan militer.

Saringan air laut (water desalination in real)

Di episode Petualangan Atlantis, ada sebuah alat berupa sedotan yang mampu mengubah air laut menjadi air minum. Secara nyata, tim peneliti Massachusetts Institute Technology (MIT) berhasil menemukan alat portable untuk menyaring air laut dengan proses reverse osmosis. Walau ukurannya jauh lebih besar, fungsinya tetaplah sama, membuat air asin layak diminum.

Mecha maker (3D printer in real)

Mecha maker dapat mencetak benda apa pun dalam bentuk tiga dimensi, misalnya mainan remote control. In real life, alat ini sudah beredar di pasaran. 3D printer mampu mencetak objek apa saja yang dimasukkan melalui komputer CAD menggunakan sejumlah material. Harga alat beragam, kisaran 3-10 juta rupiah per unit.

Baling-baling bambu (GEN H4 in real)

Inilah alat canggih paling fenomenal dalam serial Doraemon. Baling-baling bambu akan membawa penggunanya ke mana ia inginkan melalui jalan udara dengan cara menempelkannya ke bagian kepala. Bentuknya kecil sehingga bisa dimasukkan ke kantong. Gadget seperti baling-baling bambu pernah dibuat oleh GEN Corporation, perusahaan asal Jepang.

Alat buatan mereka diberi nama GEN H4, berukuran nyaris menyamai tubuh manusia. Dilengkapi dua buah rotor kontra rotasi seperti pada helikopter serta satu buah kursi kokpit tanpa kaca depan. Sempat dilepas ke pasar seharga 85.000 US Dollar atau setara 1,2 miliar rupiah. Sayang, pengembangan GEN H4 tak dilanjutkan lantaran terhambat masalah dana.**GP

SHARE