Jimi Hendrix vs Stevie Ray Vaughan, Who’s Better? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Jimi Hendrix vs Stevie Ray Vaughan, Who’s Better?
Gading Perkasa | News

Nama Jimi Hendrix dan Stevie Ray Vaughan bisa dikatakan sebagai ‘legend’ di dunia blues. Namun jika harus membandingkan dua nama tersebut, siapakah yang terbaik menurut MALEnials? Stevie Ray Vaughan atau Jimi Hendrix?

stevie ray vaughan male indonesiapixabay

Rasanya agak susah memilih “The Best Guitarist” di antara keduanya. Sebab, baik Stevie maupun Jimi mempunyai kelebihan masing-masing dan sama dahsyatnya. Namun tak ada salahnya mengupas lebih dalam tentang gaya permainan mereka.

Jimi Hendrix

stevie ray vaughan male indonesia
wikipedia

Jimi Hendrix sering dianggap sebagai gitaris modern rock pertama di dunia. Karena sebelum sosoknya muncul ke hadapan publik, hampir sebagian besar gitaris blues memainkan straight blues sementara gitaris rock mempunyai gaya bermain seperti The Beatles, Stones dan yang agak berat, The Who.

Kemunculan Jimi seakan mengubah paradigma itu. Dimana ia memunculkan sebuah inovasi baru dengan menggabungkan antara blues dan musik rock serta psychedelic yang begitu kuat. Dari dirinya-lah, era modern gitaris rock terus berkembang sampai detik ini.

Jimi cukup menikmati permainannya sebagai seorang gitaris, berani melakukan eksplorasi dan memahami bagaimana seharusnya sebuah gitar dimainkan tanpa batasan tertentu. Baginya, yang terpenting adalah seluruh penonton seakan terbius dan menyukai apa yang ia sajikan.

Stevie Ray Vaughan

stevie ray vaughan male indonesia
Don Hunstein

Di sisi lain, Stevie Ray Vaughan terikat oleh tradisi ke tingkat lebih tinggi dibandingkan Jimi. Walau pada kenyataannya musik Jimi relatif berpengaruh terhadap lagu-lagu Stevie. Beberapa pihak kerap menyebut dirinya adalah perpaduan antara Jimi Hendrix dan Albert King.

Hampir sama seperti Jimi, Stevie juga memberikan sesuatu yang berbeda pada saat jagat musik di era 1980-an dihiasi oleh musik-musik cadas semisal hardrock dan metal. Tetapi, jika teknik dijadikan tolak ukur, Stevie bisa dibilang sedikit lebih unggul. Ia mampu ‘menerjemahkan’ karya Jimi kepada penikmat musik sekaligus menyempurnakannya mengikuti ‘warna’ atau style-nya sendiri.

Anda tentu pernah mendengar instrumen berjudul Little Wing versi Stevie Ray Vaughan, kan? Itulah satu bentuk penghormatannya kepada Jimi Hendrix. Tidak sedikitpun Stevie mengubah lagu tersebut, melainkan hanya meningkatkan level permainannya, terutama ketika di bagian blues.

Who's the Winner?

Lantas siapa yang memenangkan pertarungan? Jimi jelas sebagai inovator dalam menciptakan warna baru di dunia musik dan menjadi bagian dari lagu-lagu yang ada sekarang. Sedangkan Stevie adalah gitaris handal yang sanggup mengantarkan musik Jimi agar semakin disukai masyarakat. Kami bisa menyebut bahwa pertandingan ini berakhir seri.**GP

SHARE