Cikal Bakal Teknologi Layar Sentuh dari Musik? - Male Indonesia
Cikal Bakal Teknologi Layar Sentuh dari Musik?
MALE ID | Digital Life

Percaya atau tidak, jika teknologi layar sentuh atau touch screen bermula dari industri musik? Ya, istilah istilah touch screen adalah input komputer yang bekerja melalui sentuhan jari atau pena digital pada tampilan layar baik pada laptop atau smartphone.

layar sentuh - Male Indonesiapixabay.com

Pasalnya, teknologi layar sentuh sudah ada sejak lama, dan sejara teknologi mengklaim bahwa industri musik dengan synthesizer yang sensitif terhadap sentuhan menjadi awal mula teknologi pada smartphone dan laptop, yakni touch screen

1948 adalah tahun dimulainya taouch screen dari Electronic Sackbut milik Hugh Le Caine (komposer dari Kanada). Menurut laman Baanro, perangkat ini melibatkan penggunaan keyboard piano dan control board. Jadi, orang-orang yang memainkan alat musik menggunakan sentuhan untuk mengendalikan volume melalui tekanan terhadap tombolnya dan mengatur tekstur musik melalui control board.

Kemudian, perkembamgan teknologi yang cepat, pada 1965 teknologi layar sentuh ini diterapkan di layar oleh E.A Johnson. Layar tersebut berasal dari Royal Radar Establishment, Inggris dan merupakan versi utama dari teknologi layar sentuh, yang pada akhirnya digunakan di ATM dan semua jenis gerai customer service.

University of Illionis yang mengembangkan PLATO IV pada 1972 menjadi salah satu universitas yang menggunakan teknologi ini.  University of Illionis telah mengembangkan sistem komputer terhadap pendidikan sepanjang 1960-an. Sistem tersebut menggunakan panel sentuh inframerah yang digunakan siswa untuk menjawab pertanyaan.

Pada 1982, touch screen mulai memperkenalkan teknologi multitouch. Multitouch ini melibatkan penggunaan kamera video yang mampu berinteraksi dengan komputer. Konsep ini mulai digunakan di layar pada 1984 dan penggunaan pertamanya memungkinkan orang memanipulasi grafis menggunakan jari mereka.

Pada Tahun 1984, Casio memperkenalkan Produk barunya dengan teknologi layar sentuh yaitu Casio AT 550 Watch. Permukaannya yang touch screen yang melengkapi fasilitas kalkulator dari jam tersebut. Pengguna dapat mengganti jam digital itu menjadi kalkulator dengan hanya menekan tombol di bagian kiri, lalu menggunakan jari untuk menggambar masing masing angka dan pengoprasian matematika.

Teknologi ini terus berkembang di era 80 hingga 90 sampai diperkenalkannya keyboard dan mouse yang pada akhirnya diambil alih oleh Simon Personal Communicator Phone  (IBM) pada 1993. Di 2007, penggunaan teknologilayar sentuh mulai populer di perangkat konsumen dan popularitasnya melonjak hingga kini. Meskipun sederhana, hal ini membuka jalan untuk mengembangkan layar sentuh seperti yang dikenal sekarang ini. ** (SS)
 

SHARE