Pilih Sepatu yang Tepat, Hangout Bersama Teman - Male Indonesia
Pilih Sepatu yang Tepat, Hangout Bersama Teman
MALE ID | Looks

Meski pria tergolong cuek dalam urusan penampilan, kami yakin MALEnials tetap mempunyai kriteria tersendiri dalam menemukan sepatu yang cocok digunakan bepergian. Sebab, terlepas dari fungsinya sebagai fashion item, sepatu melindungi kaki Anda dari benda-benda tajam seperti kerikil ataupun serpihan kaca.

Male IndonesiaPhoto by Priscilla Du Preez on Unsplash

Atas dasar itulah, jenis sepatu sangat berpengaruh terhadap kenyamanan. Perlu usaha lebih agar menemukan sepatu yang cocok dan nyaman saat Anda hendak hangout. Lalu bagaimana caranya?

Pertama-tama, tetapkan terlebih dahulu tujuan jalan-jalan Anda. Misalnya Anda ingin mendaki gunung, jangan memilih sepatu sneakers karena minim perlindungan dan akan membahayakan kaki ketika harus menginjak ranting atau dahan. Pergunakanlah sepatu yang memang didesain khusus untuk hiking.

Apabila Anda berniat melakukan pendakian dengan membawa sedikit muatan, day-hiking boots bisa menjadi pilihan. Sepatu berjenis ini pada umumnya mempunyai sol cukup lentur dan dapat membantu pergerakan Anda supaya lebih gesit. Namun tidak berlaku jika Anda membawa muatan cukup banyak.

Normalnya, seorang backpacker akan membawa tas ransel - entah itu daypack atau carrier - berisi banyak muatan dan berat. Sehingga, Anda membutuhkan alas kaki yang sanggup memberikan perlindungan maksimal dan nyaman sekaligus anti licin demi mencegah Anda tergelincir. Terlebih lagi yang sedang Anda hadapi adalah medan terjal dan curam di bawah guyuran hujan.

Sepatu yang cocok digunakan mendaki hampir selalu memiliki desain mulut sepatu pada ketinggian di atas pergelangan kaki. Dimana fungsinya menyangga kaki selama Anda melakukan aktivitas hiking. Karena bahan sol sepatu agak kaku, bobot sepatu juga sedikit lebih berat. Walau demikian, bahan seperti inilah yang membantu meminimalkan efek gesekan antara permukaan tanah dengan kaki Anda. Alhasil kaki dapat melangkah secara sempurna.

Sementara jika Anda hanya ingin melakukan perjalanan ringan, pilihan sepatu pun semakin bertambah jumlahnya. Daripada memilih sepatu hiking, sepatu yang terkesan santai bisa Anda gunakan, contohnya sneakers (kasual) atau semi-pantofel (formal). Sebab, efek gesekan antara kaki dan trotoar jauh lebih kecil dan mampu diredam oleh kedua jenis sepatu tersebut.

SHARE