Manfaat Wasabi yang Ada di Sushi Bagi Kesehatan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Manfaat Wasabi yang Ada di Sushi Bagi Kesehatan
Sopan Sopian | Sex & Health

Bagi penikmat sushi, tentu tidak asing dengan namanya wasabi. Tapi apakah Anda tahu manfaat wasabi bagi kesehatannya? Bagi Anda yang belum tahu, wasabi itu seperti “sambal” untuk sushi. Bedanya, rasa pedasnya bukan merupakan rasa panas di lidah, melainkan rasa menyengat dari hidung sampai kepala.

manfaat wasabi - Male IndonesiaPixabay.com

Namun, sebelum melangkah lebih jauh soal manfaat wasabi bagi kesehatan, Anda perlu mengetahui lebih dahulu mengapa sushi disajikan dengan wasabi. Alasannya adalah, rasa wasabi yang pedas dengan aroma yang kuat ternyata digunakan untuk mengurangi bau amis yang kuat. Dan juga membuat rasa ikan lebih lezat. Tak hanya itu wasabi juga memiliki manfaat untuk menetralkan ikan.

Wasabi efektif dalam menekan mikroba dan bakteri dalam ikan mentah. Hal ini bertujuan untuk menghindari keracunan atau sakit perut akibat mengkonsumsi ikan mentah. Kini Anda harus mengetahui manfaat wasabi untuk kesehatan. Apa saja?

Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung
Di dalam wasabi terkandung 6-MSITC yang bisa menghambat agregasi platelet, penggumpalan trombosit yang bikin pembekuan darah. Jadi, wasabi efektif untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Wasabi bisa memperlancar darah dan juga membantu kesehatan jantung. 

Menurunkan Risiko Kanker
Mengonsumsi wasabi ternyata bisa menurunkan risiko akan kanker. Isothiocyanates yang terkandung di dalam wasabi adalah dalangnya. Ia bisa menghambat perkembangan leukimia dan sel kanker perut. Ia juga mengembangkan apoptosis (sel mati) dalam 24 jam setelah dikonsumsi.

Mengonsumsi wasabi dapat mencegah pertumbuhan tumor, bahkan saat ukurannya masih kecil ketika pra-pengobatan. Isothicyanates membunuh sel kanker tanpa merusak bagian yang sehat di sekitar sel.

Bermanfaat dalam Menunda Penuaan Dini
Ketika diparut, wasabi melepaskan senyawa sulfinyl yang merupakan anti-oksidan kandungan tinggi. Sunfinyl jika Anda konsumsi rutin bisa membantu mengembalikan masa muda Anda, artinya mengindari Anda dari penuaan dini alias keriput, kendor dan lain sebagainya karena dapat menurunkan oksigen reaktif dalam tubuh.

Meringankan Masalah Pernapasan
Bagi Anda yang mengalami masalah pernapasan, wasabi bisa membantu Anda. Komponen gas yang terkandung di dalam wasabi bisa memberikan reaksi yang kuat pada saluran pernafasan dan sinus. Mungkin aroma dan rasa wasabi akan sangat kuat, sehingga beberapa orang terkadang merasa sedikit tersengat bahkan pusing, tapi ini justru baik bagi kondisi tubuh Anda.

Memiliki Efek Antibakteri
Studi terbaru memaparkan bahwa wasabi merupakan makanan antibakteri paling sukses dalam melawan bakteri E.Coli dan Staphylococcus Aureus (infeksi Staph). Isothiocyanates dalam wasabilah yang menetralisir racun dan bakteri berbahaya yang bisa menyerang tubuh. Beberapa perusahaan bahkan membuat sebuah produk seperti krim dan jel antibakteri dengan ekstrak wasabi untuk memperkuat kekuatan dan efektivitas obat tersebut. ** (SS)

 

SHARE