5 Alasan Mengapa Anda Perlu Berwisata ke Haiti | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
5 Alasan Mengapa Anda Perlu Berwisata ke Haiti
Sopan Sopian | Relax

Banyak Alasan mengapa Anda harus berwisata ke Haiti. Haiti adalah seperti tempat lain di Karibia. Tidak ada menyangkal negara ini miskin, tapi Haiti kaya dengan cara lain. Di mana, budaya dan alamnya masih memiliki keindahan yang murni. Pergi ke sana (Haiti), Anda pasti akan menemukan pemandangan kelas dunia.

Meski sempat diterpa gempa bumi pada 2010 dan Badai Matius pada 2016 silam, Haiti telah berbenah diri dengan baik. Bangunan baru bermunculan di ibukota, Port-au-Prince. Infrastruktur mulai memadai hingga sistem transportasi publik negara itu. 

Ditambah lagi, sekarang memiliki perusahaan wisata lokal yang telah beroperasi, sehingga para wisatawan dapat lebih mudah untuk berwisata di sini. Tidak percaya? Berikut alasan mengapa Anda perlu beriwisata ke Haiti. 

1. Haiti Memiliki Budaya yang Berkembang

Foto by Kharker/Wikipedia

Berwisata ke Haiti benar-benar 'memabukan', Ibukota Haiti sangat berwarna-warni. Di Champ de Mars, alun-alun utama Port-au-Prince, Anda akan menemukan Musée du Panthéon Nasional Haïtien. Bercerita tentang sejarah negara memalui kolonialesme kediktatoran yang brutal dari masa lalu.

Kota ini juga memiliki seni yang tinggi. Di komune Croix-des-Bouquets, Anda akan melihat seniman memahat burung, hewan, dan dewa Voodoo. Bahkan Anda juga akan menemukan Atis Rezistans, kerajinan dari segala macam puing-puing - bahkan dari beberapa tulang. Setiap Kamis malam, hotel Oloffson (hotel paling terkenal di kota) memainkan bagi pertunjukan live energic dari salah satu kelompok dicintai terbaik Haiti soal batu voodoo dan Band RAM.

2. Haiti Memiliki Benteng di Pegunungan yang Luas

Foto by Burritoman2432/Wikipedia

Haiti benar-benar bangga terhadap sejarahnya atas revolusi 1791-1804, ketika budak Haiti bangkit untuk mengalahkan kolonial Perancis. Sehingga menyatakan republik hitam pertama di dunia. 

Untuk menjaga independensi mereka dan membuktikan kepada dunia apa yang bisa diperbuat oleh budak saat itu, mereka membangun Benteng Laferriere, salah satu benteng terbesar di Amerika, terletak di pegunungan di atas kota utara Cap-Haïtien. Sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

3. Jacmel, Rumah Bagi Karnaval Haiti

Foto by HOPE Art/flickr

Alasan selanjtunya, untuk berwisata ke Haiti adalah ketika Anda menyambangi kota yang terletak di Pantai Selatan Haiti (Jacmel), di sini Anda akan melihat arsitektur kolonialnya yang elegan. Jalan-jalan mosaik menghiasi kota. Selain itu di sini juga terkenal akan karnval Haiti. 

Jika Anda mengemudi ke Jacmel (sekitar tiga jam dari Port-au-Prince) pastikan berhenti untuk berenang di Bassin-Bleu. Di sini ada air terjun yang indah, dibingkai dengan kolam pirus yang menakjubkan. 

4. Mengungkap Kebenaran Voodoo

Foto by Doron/Wikipedia

Voodoo terkenal akan sihirnya. Hal ini terlihat dalam film-film Hollywood. Sehingga menurut laman roughguides, oodoo melambangkan kesalahpahaman banyak orang tentang Haiti. Padahal voodoo adalah cara hidup menurut agama dengan etos masyarakat yang kuat dan menyediakan kunci untuk memahami banyak budaya Haiti - mulai dari seni musik.

National Bureau d'Ethnologie, di pusat Port-au-Prince, akan mengajarkan Anda dasar-dasar dari hal itu. Jika Anda beruntung, Anda akan bertemu dengan direktur museum karismatik Erol Josué, Imam Voodoo (houngan), penyanyi, dan penari. Saat ada pertunjukan musik tradisional voodoo, Anda akan menemukan hal unik di sana, di mana musik tradisional ini akan ditandai dengan drum hipnotis dan vokal, yang sering terjadi di lapangan.

Dari banyak situs suci di negara itu, yang paling spektakuler adalah Saut-d'Eau, sebuah upacaya kesehatan. Setiap Juli, ratusan jamaah berkumpul di sini untuk mengambil bagian dalam upacara voodoo baptisan.

5. Pantai dengan Pasir Putih yang Indah

Foto by haitianbusinesses/pixabay

Kebanyakan orang tidak mengasosiasikan Haiti pada liburan pantai. Padahal di sini memiliki pantai yang indah. Côte des Arcadins, berada di utara dari Port-au-Prince, di sini dihiasi dengan teluk-teluk kecil berpasir putih dan resort tepi pantai kecil yang menakjubkan, seperti Moulin Sur Mer.

Lebih spektakuler lagi soal pantai, di Haiti terdapat pantai terpencil Kokoye dan Bananier di wilayah Petit-Goave. Di sini bisa melakukan snorkeling dan juga bisa melihat paus serta lumba-lumba. Selain itu, tak hanya rumah bagi karnaval Haiti yang terkenal, di Jacmel juga memiliki teluk yang indah, berada di timur kota, di Cayes-Jacmel, tempat yang bagus untuk berselancar. Dan pantai Port-Salut di barat daya, tidak jauh dari gua-gua Grotte Marie-Jeanne yang legendaris. ** (SS)


 

SHARE