Cara Alami dan Medis untuk Atasi Wajah Berkomedo | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Cara Alami dan Medis untuk Atasi Wajah Berkomedo
Sopan Sopian | Looks

Wajah berkomedo merupakan masalah penting dalam menunjang penampilan. Saat kulit wajah berkomedo, tingkat percaya diri juga tentu tidak maksimal. Tentu wanita akan menganggap Anda adalah pria yang tidak dapat merawat diri alias jorok.

wajah berkomedo-male IndonesiaPhoto by Berwin Coroza on Unsplash

Sebelum lebih jauh membicarakah wajah berkomedo. Perlu diketahui, komedo sendiri terdiri dari dua jenis, yakni komedo putih dan hitam. Komedo juga dikenal dengan jenis jerawat ringan yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih yang dikasilkan oleh kelenjar minyak, sehingga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan pada pori-pori kulit.

Seperti jerawat pada umumnya, komedo juga dapat diketahui keberadaannya, yaitu dengan munculnya benjolan berukuran kecil yang muncul pada permukaan kulit, khususnya kulit wajah. Jika tidak terjadi inflamasi pada komedo, maka tidak akan terasa sakit. Selain itu, perlu diketahui ketika komedo dicungkil atau digaruk akan terjadi peradangan. Lalu seperti apa cara alami dan medis untuk atasi wajah berkomedo?

Cara Medis
Banyak yang bisa dilakukan dengan cara medis, obat-obatan untuk mengatasi awal mula jerawat ini telah beredar di toko-toko obat atau swalayan. Jenisnya juga mulai beragam, ada yang krim, gel, ataupun yang ditempel pada permukaan kulit berkomedo. 

Di dalam obat tersebut biasanya mengandung benzoyl proxide, asam salisilat, dan juga resolcinol. Kandung tersebut sangat efektif untuk membunuh bakteri, mengyrasi produksi minyak berlebih dan juga mengangkat sel kulit mati. 

Obat Resep
Selain yang dijual bebas, Adan juga bisa meminta obat resep dari dokter. Biasanya obat yang dari resep adalah jenis obat yang mengandung vitamin A yang dapat difungsikan untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada polikel rambut dan juga sekaligus mempercepat proses perhgantian sel kulit.

Obat ini dapat menjadi pilihan lain jika obat bebas (yang dijual di toko atau swalayan) sudah tidak dapat manjur untuk mengatasi komedo, terlebih jika komedo tersebut sudah disertai dengan munculnya kista jerat atau bisul. 

Tentu ketika Anda ingin mendapatkan obat resep, Anda bisa mengunjungi apotek atau dokter spesialis kulit atau dermatolog. Dokter akan memakaikan alat khusus untuk mengangkat sumbatan pada pori-pori wajah.

Terapi Laser dan Cahaya
Mungkin untuk jenis ini pria memang jarang melakukannya, tetapi tidak menutup kemungkinan pria juga bisa mencobanya. Karena penampilan hari ini adalah penting agar Anda tetap terlihat fresh tanpa komedo. Dengan cara ini, proses pengobatan komedo dan jerawat tidak akan merusak permukaan kulit bagian laur. 

CARA ALAMI
Tidak hanya cara medis, cara alami juga banyak yang bisa Anda lakukan untuk atasi wajah berkomedo. Setidaknya ada empat cara alami yang bisa Anda lakukan.

Gunakan Baking Soda
Meski ini adalah bahan untuk kue, tetapi nyatanya bisa efektik dalam menghilangkan komedo yang membandel. Caranya yakni dengan melarukan baking soda menggunakan air, lalu aduk sampai merata dan olehkan pada kulit wajah berkomedo sambil dilakukan pijatan kecil. Diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilas.

Gunakan Pepaya
Ketika Anda menggunakan pepaya, banyak hal yang bisa dirasakan pada wajah Anda. Selain bisa menghilangkan komedo, daging pepaya juga dapat menghaluskan dan sekaligus mencerhakan kulit wajah Anda. Sedikti repot memang. Nemun agar kulit wajah pria Anda terjaga Anda bisa melakukannya, yaitu dengan cara menghaluskan kulit pepaya dan dijadikan masker

Gunakan Oatmeal
Ada hal menarik dari jenis makanan untuk diet ini. Yakni bisa membantu kulit Anda terhindari dari serangan komedo. Caranya, aduk semua bahan oatmela yang sudah dicampurkan dengan madu atau susu, kemudian olehkan secara merata pada permukaan kulit wajah sambil dipijat. Diamkan sampai kering, dan bilas.

Gunakan Lemon
Lemon tentunya baik untuk hal ini, karena di dalamnya mengandung vitamin C yang ampun untuk membasmi bakteri penyebab komedo dan juga mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Caranya, cukup dengan membelah jeruk lemon menjadi dua bagian, lalu gosokan secara perlahan pada permukaan kulit wajah yang berkomedo selama beberapa menit. Diamkan dan bersihkan. ** (SS)
 

SHARE