Mengatasi Fitur Google Assistant yang Error - Male Indonesia
Mengatasi Fitur Google Assistant yang Error
MALE ID | Digital Life

Sudah sejak lama Google mengembangkan asisten digital berbasis artificial intelligence (AI) yang kini bisa Anda gunakan dengan mudah, misalnya saja fitur Google Now dan fitur Google Assistant, atau biasa disebut ‘Ok Google’. Keduanya tentu mempermudah aktivitas MALEnials sehari-hari.

fitur google assistant - male Indonesiapixabay.com

Pada fitur Google Assistant, salah satu fungsinya adalah mengirimkan pesan tanpa perlu menyentuh keyboard seraya mengetik di smartphone Android Anda. Lalu bagaimana jika fitur tersebut mengalami error alias tidak berfungsi?

Guna mengatasinya, Anda harus perhatikan terlebih dahulu sektor hardware maupun software yang mendukung perangkat. Terapkan langkah-langkah berikut.

Memeriksa Fungsi Mikrofon Smartphone
Langkah paling pertama Anda lakukan yaitu memeriksa fungsi hardware yang mendukung fitur Google Assistant. Karena berupa aplikasi berbasis suara, tentu Anda harus melihat bagaimana kondisi mikrofon dari smartphone Android Anda. Lubang mikrofon adalah bagian rawan kotor akan tumpukan debu atau kotoran lainnya. Coba bersihkan menggunakan cotton bud secara hati-hati. Tes kembali fungsi mikrofon Android, apakah bekerja optimal atau tidak.

Buka Pengaturan Bahasa
Cek kembali pengaturan bahasa yang digunakan di smartphone. Besar kemungkinan, hal ini justru membuat Google Assistant tidak menanggapi perintah suara dari Anda. Cara mengaturnya kembali:

  1. Klik settings, lalu pergi ke menu Google
  2. Pada tab services, pilih menu search > voice (pengaturan suara)
  3. Pilih opsi language. Yaitu pengaturan bahasa utama dan bahasa cadangan yang Anda gunakan dalam mengakses Google Assistant
Setel Ulang Pengaturan Google Assistant
Jika cara di atas belum berhasil, langkah selanjutnya sekaligus langkah terakhir adalah menyetel ulang/reset pengaturan Google Assistant di smartphone Android Anda. Melalui langkah ini, perangkat Anda akan kembali ke pengaturan semula. Ikuti langkah berikut:

  1. Klik settings, pergi ke menu Google
  2. Pilih opsi search > voice
  3. Pilih ‘Ok Google detection’ atau voice match
  4. Aktifkan toggle pada pilihan Say Ok Google anytime, dan Anda akan dibawa ke pengaturan awal Google Assistant
  5. Sebutkan perintah ‘Ok Google’ dan ‘Hey Google’, dan Anda pun berhasil me-reset Google Assistant
Ketiga langkah ini dapat mengatasi fitur Google Assistant yang error di Android dengan mudah dan cepat. Pastinya, segala macam aktivitas Anda tidak lagi terganggu. Selamat mencoba!**GP

SHARE