Ponsel Kuno yang Harganya kini Sangat Fantastis | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ponsel Kuno yang Harganya kini Sangat Fantastis
Gading Perkasa | Digital Life

Mempunyai ponsel kuno tentu akan membuat MALEnials dianggap ketinggalan zaman. Bagaimana tidak, di saat teknologi bertambah canggih seperti sekarang, ponsel yang Anda miliki masih terbilang minim fitur atau justru hanya sebatas mengirim pesan dan telepon saja.

ponsel kuno - Male Indonesia
John Karakatsanis/flickr.com

Pola pikir masyarakat modern semakin maju. Maka, ketika perangkat sudah tak mampu mengikuti perkembangan, perangkat tersebut adalah sebuah ponsel kuno yang harus dibuang. Sebagai gantinya, mereka akan membeli ponsel baru sesuai tren.

Akan tetapi, hal itu tidak berlaku bagi sejumlah ponsel. Banyak kolektor justru memburunya. Alih-alih mengalami penurunan, banderolnya justru melambung tinggi melebihi harga aslinya ketika pertama kali beredar di pasaran.

Kira-kira apa saja ponsel kuno yang diperlakukan selayaknya barang antik sehingga pantas ditebus dengan harga mahal? Berikut kami rangkum dari Phone Arena untuk Anda.

Nokia 808 Pureview

Nokia 808 Pureview memang belum tergolong kuno atau jadul, karena dikeluarkan di tahun 2012. Berbasis OS Symbian, ponsel ini punya kualitas terbaik dari sektor kamera yang memiliki resolusi 41 megapiksel dengan lensa Carl Zeiss dan flash xenon. Harganya masih berkisar di angka 200-300 US Dollar atau setara 2,7-4 juta rupiah.

Nokia 8110

Secara tampilan, Nokia 8110 seperti ponsel Nokia generasi awal pada umumnya dan menjadi cikal bakal ponsel ‘pisang’. Berukuran besar, dilengkapi antena, tombol angka dan layar monokrom. Namun, siapa menyangka ponsel kuno yang dirilis tahun 1996 ini sekarang punya harga setara smartphone keluaran terbaru. Di situs eBay, masih tersedia 8110 kondisi tersegel dalam kotak dan dihargai 500 US Dollar atau sekitar 6,2 juta rupiah. Sementara versi bekasnya dihargai antara 55-200 US Dollar.

Motorola DynaTAC

Bisa dibilang sebagai ‘leluhur’ ponsel komersial masa kini. Diciptakan oleh Martin Cooper, Motorola DynaTAC merupakan telepon genggam pertama yang dipasarkan tahun 1984. Ukurannya sangat besar, sehingga dijuluki ‘Goliath’. Penasaran akan harganya? Kurang lebih 500 US Dollar atau 6,8 juta rupiah.

Samsung SPH-N270

Samsung SPH-N270 (dibuat 2003) diperkenalkan pertama kali dalam film The Matrix: Reloaded. Bentuk fisiknya terbilang unik karena layarnya tertutup cover yang memuat speaker ponsel. Kini, ponsel kuno tersebut dijual seharga 750 US Dollar (10 juta rupiah). Banderol tinggi itu disebabkan keterbatasan ponsel yang hanya diproduksi 10.000 unit saja.

iPhone 2G

iPhone generasi pertama merupakan ponsel keluaran tahun 2000-an yang harganya jauh di atas banderol awalnya dulu. Bisa dikatakan bahwa Apple telah melahirkan ponsel paling revolusioner dengan full touchscreen, nyaris tanpa tombol fisik. Harga iPhone 2G sekarang bisa mencapai kisaran 1.000 US Dollar atau 13,5 juta rupiah bila kondisinya masih tersegel.

Motorola Aura R1

Ponsel putar yang dirilis Motorola kisaran tahun 2008 ini dinobatkan sebagai salah satu produk terunik dibandingkan ponsel manapun. Sebab, bodinya dibuat menggunakan material kelas satu. Bodi Motorola Aura R1 menggunakan materi stainless steel dan safir. Anda masih bisa menemukan Aura R1 walau harganya sangat mahal, berkisar di angka 1.000 US Dollar (13,5 juta rupiah) atau setara iPhone versi terbaru.

Nokia 8800 Arte Carbon

Nokia 8800 Arte Carbon dibuat menggunakan material premium, seperti stainless steel, serat karbon dan titanium. Alhasil tampilan ponsel menjadi mewah, dan kemewahan itu rupanya berlaku sampai detik ini. Kolektor berani menawar 8800 Arte Carbon hingga 500 US Dollar (6,7 juta rupiah) untuk perangkat yang masih berfungsi. Jika berada di dalam boks dan tersegel, harganya bisa dua kali lipat atau sekitar 13,5 juta rupiah.**GP

SHARE