Sekelumit Perjalanan Motor Eksotis Honda CBX 1000 | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Sekelumit Perjalanan Motor Eksotis Honda CBX 1000
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Hampir bisa dipastikan banyak dari generasi milenial belum pernah mendengar motor bernama Honda CBX 1000. Maklum, seri CBX memang tidak dijual di tanah air kita Indonesia. Walau demikian motor ini merupakan salah satu produk revolusioner buatan pabrikan sayap terkembang di eranya.

honda cbx 1000 male indonesia
Andres Teixido

Honda CBX 1000 diciptakan sebagai produk flagship Honda dan mulai dipasarkan dari tahun 1978 hingga 1982. Tujuannya tidak lain adalah membuat sepeda motor kencang yang sanggup digunakan di belahan dunia manapun.

Menilik sektor kaki-kaki, rangka CBX 1000 berpola diamond frame khas original Honda CB yang dilapisi chrome berkualitas tinggi. Suspensi depan menggunakan inverted fork alias teleskopik dan dual-shockbreaker di bagian belakang (diganti Pro-link monoshock di tahun 1981). Sistem pengereman mengusung double discbrake 276 mm (depan) dan single discbrake 296 mm (belakang).

Mesin yang disematkan memang tidak main-main. Meski bukan berkonfigurasi V atau Boxer, Honda membekalinya dengan mesin yang cukup mencengangkan, yakni  parralel inline six-cylinder, 1.047cc, air cooled, DOHC 24 valve, 5-speed, Keihin VB 28 carburetor. Six cylinder in a bike? Can you imagine?

Agar tetap nyaman dibawa berkendara oleh penggunanya, hanya bagian head yang dibuat lebar. Sementara pada crankcase didesain compact, sehingga posisi kaki pengendara tidak pegal saat ‘menggagahi’ mesin motor ini.

Mempunyai mesin berkapasitas besar membuat Honda CBX 1000 mampu menghasilkan torsi maksimal mencapai 85 Nm @ 8.000 Rpm dan memuntahkan tenaga 103 HP @ 9.000 Rpm. Otomatis karburator yang digunakan berjumlah enam buah, mengikuti jumlah setiap silinder.

Soal performa, kami ingatkan kepada MALEnials, jangan pernah meremehkan motor jadul. CBX 1000 sanggup berakselerasi dari 0-190 km/jam menempuh jarak 400 meter hanya dalam 11,66 detik. Sedangkan top speed-nya dapat mencapai angka 225 km/jam. wow!

Memang, sejak awal Honda memproduksi motor ini untuk kelas super sport. Basis motor induknya adalah Honda RC Series, motor yang sudah malang melintang di ajang balap MotoGP di era 1960-an.

Dengan kapasitas mesin 1 liter, bobot CBX 1000 bisa dibilang cukup ringan, yaitu 249 kg. Sayangnya, banyak orang merasakan panas di kaki lantaran tidak adanya radiator yang berfungsi mendinginkan mesin. Alhasil penjualan CBX lesu di pasaran dan harus disudahi kiprahnya di tahun 1982.

Sekarang, bikers di negeri Paman Sam masih memburu motor ini guna dijadikan bahan modifikasi bergaya cafe racer. Wajar saja, jika dilihat dari mesinnya yang istimewa membuat tampilan Honda CBX 1000 kian gagah. Berminat merasakan sensasi tersendiri menunggangi motor bermesin enam silinder?**GP

SHARE