Berkeringat di Cuaca Dingin, Apa Sebabnya? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Berkeringat di Cuaca Dingin, Apa Sebabnya?
Gading Perkasa | Sex & Health

Berkeringat adalah proses yang wajar bagi setiap orang terlebih saat dihadapkan pada cuaca panas, namun apa jadinya jika Anda berkeringat di cuaca dingin? MALEnials jangan sampai mengabaikan kondisi itu.

berkeringat di cuaca dingin - Male Indonesiapxhere.com

Sejatinya, keluarnya keringat merupakan salah satu proses metabolisme saat tubuh berusaha menyesuaikan suhu tubuh terhadap lingkungan dengan cara membuang cairan mengandung garam melalui kelenjar keringat. Walau demikian, akan terasa aneh dan tidak wajar apabila seseorang berkeringat di cuaca dingin. Seharusnya, suhu tubuh Anda juga merasa dingin alias tidak kepanasan.

Ketika hal itu terjadi, timbul pertanda bahwa bagian dalam tubuh kita sedang berjuang melawan gangguan atau disfungsi, meski hanya mengerjakan sedikit aktivitas. Tanda tersebut ditunjukkan lewat keringat. Lalu apa sajakah penyebab orang berkeringat di cuaca dingin? Inilah dia.

Efek Samping Obat
Terdapat beberapa jenis obat yang bisa membuat suhu tubuh menjadi hangat dan menyebabkan kita berkeringat. Hal itu disebabkan oleh kandungan bahan kimia di dalamnya. Obat-obatan anti depresan, pil tekanan darah, obat pereda flu mempunyai efek seperti ini. Cara mengatasinya yaitu berkonsultasi pada dokter dan memintanya untuk mengubah dosis obat-obatan tersebut.

Masalah Tiroid
Tidak peduli sedingin apa pun udara di luar, jika Anda berkeringat, bisa jadi Anda memiliki masalah tiroid. Pekerjaan terpenting kelenjar tiroid adalah mengeluarkan hormon. Bila masalah ini berlarut-larut, artinya Anda menderita hipertiroidisme. Yakni kelenjar tiroid yang super aktif membuat Anda berkeringat karena sekresi hormon terlalu tinggi.

Berkurangnya Oksigen dalam Tubuh
Bila tubuh Anda tidak memperoleh oksigen dalam jumlah cukup, dapat dipastikan Anda akan merasa sesak dan mulai berkeringat. Sudah menjadi hal umum bahwa pertanda seseorang tidak mendapatkan cukup oksigen adalah terhambatnya proses pernapasan. Anda bisa membuka jendela dan pintu, kemudian udara segar akan membantu menyingkirkan gangguan ini dengan mudah.

Penurunan Gula Darah
Berkurangnya glukosa dalam darah bisa menimbulkan bahaya pada adrenalin. Saat Anda tidak mengonsumsi sesuatu selama waktu tertentu, tubuh akan kekurangan gula darah dan membuat tubuh memproduksi insulin guna melawan merasa lapar. Hormon insulin memang membantu proses pencernaan. Walau demikian, bila dikombinasikan bersama gangguan adrenalin bisa menyebabkan tubuh berfungsi melalui cara tak biasa dan berkeringat di cuaca dingin sekalipun.**GP

SHARE