Ini yang Terjadi jika Anda Jarang Minum Air Putih | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ini yang Terjadi jika Anda Jarang Minum Air Putih
Gading Perkasa | Sex & Health

Minum air putih secara rutin bisa membuat kita sehat. Lantas apa jadinya kalau tubuh kita jarang terkena air putih?

Minum-air-putih-Male-IndonesiaPixabay.com

Seperti telah diketahui, tubuh manusia terdiri dari oksigen dan air (sebanyak 60%). Tanpa minum air putih yang cukup, manusia hanya bisa bertahan hidup selama tiga hari.

Air di dalam tubuh mempunyai fungsi terhadap seluruh sistem organ, melarutkan mineral, mengatur suhu tubuh, meringankan beban ginjal dan hati guna mengurai sisa metabolisme serta membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan sel.

Sehingga sudah bisa dipastikan, bahwa kurang minum air putih akan mengakibatkan beberapa masalah pada kesehatan Anda. Antara lain:

Dehidrasi
Risiko pertama yang dapat menghantui Anda yaitu dehidrasi, alias tubuh kekurangan cairan. Bisa disebabkan karena Anda tidak minum selama bekerja berat atau melakukan olahraga.

Penurunan Kondisi Kulit
Dari dehidrasi, maka akan berlanjut kepada kondisi kulit yang buruk. Kurangnya kadar air dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kondisi kulit, dimana fungsi enzim tidak bekerja secara optimal. Sehingga, struktur lapisan kulit luar akan memburuk, kulit menjadi kering dan kasar.

Radang Sendi
Tulang rawan di tiap persendian terdiri dari 80% air. Jika Anda belum meminum air putih secara cukup, pelumasan pada sendi akan berkurang dan menghasilkan gesekan yang lebih besar. Air juga membantu menjaga sendi agar tetap terlumasi dengan baik serta mengurangi nyeri karena arthritis.

Tekanan Darah Tinggi
Kurangnya asupan air berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebab, beberapa pembuluh kapiler menutup dan mengakibatkan pembatasan pergerakan darah. Saat aliran darah ke ginjal terbatas lantaran kekurangan air, maka akan bereaksi dengan konstruksi pembuluh darah dan arteri yang membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Ginjal
Mayoritas orang zaman sekarang lebih banyak mengonsumsi kopi dan teh, namun kurang minum air putih. hal ini yang mengarah pada penyakit ginjal. Ginjal merupakan organ penting di sistem kemih, dimana tugasnya menyaring racun dalam darah karena metabolisme dan mendistribusikan darah kembali ke seluruh tubuh. Jika kekurangan cairan, ginjal akan semakin keras bekerja dan sisa kotoran menumpuk pada ginjal karena sulit dikeluarkan dengan baik.

Sedari sekarang, mulai biasakan mengonsumsi air putih secukupnya. Supaya tubuh Anda tidak merasakan penyakit yang telah disebutkan di atas.**GP

SHARE