Bitcoin Bisa Jadi Tidak Berharga Sama Sekali | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Bitcoin Bisa Jadi Tidak Berharga Sama Sekali
Sopan Sopian | Digital Life

Mata uang virtual, Bitcoin masih menjadi perbincangan hangat. Pada pagi hari 27 Desember 2017, Bitcoin setidaknya bernilai sedikit lebih dari $ 15.400. Namun, analis Morgan Stanley James Faucette mengatakan harga riil Bitcoin mungkin $ 0, alias tidak berharga sama sekali.

bitcoin - Male IndonesiaPhoto by Andre Francois on Unsplash

Business Insider melaporkan bahwa Faucette telah mengirimkan catatan kepada kliennya, Morgan Stanley sebelum Natal. Ia menunjukkan bahwa nilai sebenarnya cryptocurrency bisa menjadi nol. Hal tersebut dikatakanya berdasarkan pada kenyataan bahwa hanya ada beberapa pengecer online yang menerima Bitcoin. 

Lebih parahnya jumlah pengecer tersebut semakin menyusut. "Jika tidak ada yang menerima teknologi untuk pembayaran maka nilai akan menjadi 0," kata Faucette dalam analisisnya.

Seperti diketahui, Bitcoin cukup meroket sepanjang tahun 2017. Lebih dari itu, peningkatan nilai Bitcoin pernah mencapai 2.000 persen dalam satu tahun. Menurut Coindesk , sebuah situs yang melacak nilai cryptocurrency, salah satu Bitcoin yang hanya bernilai bawah $ 1.000 pada tanggal 1 Januari 2017. Kemudian pada tanggal 16 Desember 2017, artinya kurang dari 12 bulan kemudian, harga yang melonjak menjadi lebih dari $ 19.300. 

Tapi, meski mengalami peningkatan dalam satu tahun terakhir, Faucette menyimpulkan bahwa Bitcoin tidak dapat dianggap sebagai mata uang sejati, seperti dolar AS atau Euro, karena cryptocurrency tidak memiliki tingkat bunga terkait. Selain dengan mata uang, Faucette juga menyamakan persamaannya dengan emas dan logam mulia. Di mana menurutnya juga, Bitcoin tidak memiliki nilai intrinsik seperti emas.

Seperti mengutip laman futurism, data lain mengatakan, meskipun popularitasnya meningkat, tetapi banyak yang mewaspadai mata uang virtual ini. Pasalnya, bulan September 2017, CEO JP Morgan James Dimon  mengatakan Bitcoin sebuah “penipuan”. Selain itu, pada awal Desember 2017, salah satu CEO Bitcoin.com menjual semua Bitcoin-nya.

Jeremy Eng-Tuck Cheah , seorang profesor keuangan di Southampton Business School di Inggris mengatakan, pasar Bitcoin sebagian besar didorong oleh antusiasme yang berlebihan dalam peluncuran di Chicago Board Operasi Efek (CBOE) yang telah menggelitik minat banyak investor. "Padahal awalnya tidak tertarik atau terkena berinvestasi di cryptocurrencies,” tuturnya.

Seujur dengan Faucette, ia juga mengatakan bahwa dirinya tidak yakin bahwa Bitcoin sebagai cryptocurrency memiliki setiap nilai fundamental. Oleh karena itu, harga sebagian besar didorong oleh pasokan dan permintaan untuk mata uang digital. Sementara kesimpulan Faucette agak muram, penting untuk diingat bahwa Bitcoin berharga dalam arti bahwa hal itu masih bisa ditukar dengan mata uang utama. ** (SS)


 

SHARE