Pegulat Asia yang Berprestasi dalam Ajang WWE | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Pegulat Asia yang Berprestasi dalam Ajang WWE
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Pegulat Asia dalam ajang World Wrestling Entertainment (WWE) awalnya memang belum melambungkan namanya. Ajang ini memang lebih dikenal dengan pegulat bule yang benar-benar kuat dengan otot-otot tubuh yang mengerikan.

Namun, dunia mulau berputar, kini sudah banyak pegulat Asia atau pegulat WWE yang memiliki keturunan Asia sukses dalam ajang gulat bebas di atas ring ini. Setidaknya, ada lima pegulat Asia yang berhasil meraih pertasi dalam ajang gulat profesional WWE ini. Di antaranya sebegai berikut.

The Great Khali

Foto by Mshake3/Wikipedia

Bernama asli Dalip Singh Rana, The Great Khali adalah salah satu pegulat Asia dengan badan yang cukup besar layaknya raksasa. Jika dibandingkan dengan Undertaker, tinggi badan The Great Khali jauh melampauinya. Tak hanya, itu, dengan kekeran tubuh dan tinggi badannya, pegulat legendaris WWE Triple H dan Rey Misterio juga tak bisa apa-apa menghadapinya. 

Selain itu, karena tinggi besar tubuhnya ini, The Great Khali yang juga seorang promotor ini adalah pegulat kedepalan profesional tertinggi dalam sejarah pada tahun 2014. Kemudian, pada 2017, pria yang pernah menjadi perwira polisi Punjab ini adalah pegulat keempat dengan postur tertinggi dalam sejarah WWE.

Dibalik itu semua, The Great Khali adalah seorang keturunan Asia, yakni dari India. Sebelum ia memulai karir gulat profesionalnya, selain sebagai perwira polisi, ia juga adalah seorang aktor film Bollywood dan beberapa acara televisi di India. 

Nah, untuk debutnya di WWE ia bersama Daivari dan memiliki aliansi dengan Ranjin Singh dan Jinder Mahal.  Tetapi selama menjadi pegulat, ia menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai singles wrestler (pegulat single). Prestasinya dalam ajang WWE tidak dapat diragukan, di antaranya meraih World Heavyweight Championship (1 time) dan Slammy Award for "Damn!" Moment of the Year (2008) Khali Kiss Cam.

Shinsuke Nakamura

Foto by Zohhy/Wikipedia

Pegulat satu ini sudah tidak perlu ditanyakan, dari namanya saja sudah bisa ditebak. Dari mana asal pegulat WWE ini. Shinsuke Nakamura merupakan atlet WWE yang berasal dari negeri Sakura, Jepang. Sebelum menjadi pegulat WWE, Shinsuke Nakamura sudah menjadi seorang pegulat sekaligus atlet beladiri campuran di Jepang.

Debut awalnya di WWE, Nakamura merupakan jebolan dari NXT (Ajang pengembangan atlet milik WWE). Di mana, ia adalah satu dari dua pegulat yang telah menyelesaikan kejuaraan NXT lebih dari satu kesempatan. Ia juga memiliki ciri khas saat berada di ring gulat, yakni dengan aksinya yang pecicilan di ring, makanya ia dijuluki The King of Strong Style.

Prestasi yang ia peroleh adalah NXT Championship (2 times), NXT Year-End Award (2 times), Male Competitor of the Year (2016), dan Overall Competitor of the Year (2016). Pemenang pertandingan Royal Rumble (2018).

Sami Zayn

Foto by LIVEWWE/Wikipedia

Melihat dari penampilannya, Sami Zayn memang tidak terlihat sebagai orang Asia. Memang, pegulat WWE satu ini dikenal sebagai pegulat profesional asal Kanada. Tetapi usut punya usut, atlet WWE dengan nama asli Rami Sebei ini memiliki darah keturunan Asia, tepatnya dari Syria.

Sebelum menandatangani kontrak dengan WWE, Sebei bergumul di sirkuit independen dengan nama El Generico. Sirkuit indepen atau sirkuit indi ini dalam gulat profesional adalah ajang promosi gulat profesionalyang lebih kecil dari promosi di televisi utama. Dengan kata lain ajang tersebut merupakan liga kecil untuk gulat pro (lokal).

Saat masih berada di sirkuit independen (2002-2013), pegulat Asia dengan nama El Generico itu menggunakan karakter dari luchador dari Meksiko dengan slogannya dari "Ole!" Ia kala itu berdandan menggunakan topeng. Setelah penandatanganan dengan WWE, Sebei mulai gulat tanpa topeng.

Generico mencapai banyak keberhasilan di Pro Wrestling Gerilya (PWG) sebagai dua kali PWG Juara Dunia dan lima kali Dunia Tag Team Champion. Dia adalah satu-satunya orang yang memenangkan kedua turnamen tahunan PWG. Setelah bergumul internasional, Generico memenangkan  wXw Unified World Wrestling Championship di Jerman dan  DDT Pro-Wrestling's KO-D Openweight Championship di Jepang.

Jinder Mahal

Foto by Dannys-777/Wikipedia

Berbeda namun sama dengan Sami Zayn. Jinder Mahal  merupakan pegulat asal Kanada namun memiliki darah Asia, tepatnya keturunan India. Saat melihat wajahnya, Mahal lebih identik darah Asianya ketimbang negara yang dibawanya dalam ajang gulat profesional WWE ini.

Sebagai atlet WWE, Jinder Mahal juga berangkat dari sirkuit idependen. Namun, pada 2010, pria bernama asli Yuvraj Singh Dhesi ini menandatangani kontrak bersama WWE. Debut awalnya, ia diceritakan sebagai adik ipar dari The Great Khali, namun kemudian, ia  membentuk 3MB grup dengan pegulat sesama kartu rendah Heath Slater dan Drew McIntyre.

Selama debutnya di WWE, 2014 Mahal pernah dibebastugaskan oleh perusahaan. Tetapi, dua tahun kemudian ia pun masuk kembali dengan kondisi tubuh yang berbeda. Saat itu pulam karir di WWE pun meningkat. Bahkan saat ini (2018) ia adalah pemegang sabuk WWE Championship

Asuka

Foto by Dannys-777/Wikipedia

Seperti Shinsuke Nakamura, Asuka juga merupakan pegulat WWE asal Jepang. Pegulat Asia bernama asli Kanako Urai ini merupakan mantan Juara NXT Wanita. Teknik dalam gulatnya meliputi berbagai tendangan dan penyerahan mengunci. Dia juga pemenang pertama pertandingan Royal Rumble Womens.

Uniknya, meski sebagai pegulat, ia memiliki aktivitas lain yakni, sebegai freelance desainer grafis dan wartawan video game. Pegulat wanita dengan penampilan seksi ini memulai karir gulat profesionalnya dalam AtoZ pada Juni 2004 hingga 2006. 

Kemudian, pada 2015, ia menandatangani sebagai pegulat NXT. Setelah itu mulai pindak ke daftar utama pada September 2017. Saat itu pula, Asuka menjadi pegulat Jepang pertama dalam Pro Wrestling Illustrated. ** (SS)

SHARE