Android vs IOS, Manakah OS Gaming Terbaik? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Android vs IOS, Manakah OS Gaming Terbaik?
Gading Perkasa | Digital Life

Setiap penikmat game atau biasa disebut gamer pastinya mempunyai preferensi masing-masing terhadap OS gaming terbaik yang mereka kehendaki. Dan itu biasanya terbagi menjadi dua, antara pengguna smartphone berbasis Android dengan pengguna IOS.

os gaming terbaik - male Indonesia
K?rlis Dambr?ns/Flickr.com

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, perdebatan panjang mengenai Android dan IOS barangkali tidak akan pernah berakhir. Termasuk membicarakan mana OS gaming terbaik di antara keduanya.

Walau terlihat sama secara sekilas, pada kenyataannya seluruh aspek gaming di sistem operasi Android maupun IOS mempunyai perbedaan cukup signifikan. Seperti apa saja perbedaan yang dimaksud? Berikut kami rangkum uraiannya untuk MALEnials sekalian.

Waktu Rilis Game
Kita awali dari hal paling mendasar, yaitu waktu rilis game. Harus diakui, banyak developer lebih memilih memasarkan produknya terlebih dahulu pada sistem IOS ketimbang Android. Pasalnya, mayoritas pengguna IOS jauh lebih ‘royal’ dibanding Android. Sejumlah ahli mengatakan perbandingannya terpaut hingga di angka 33% (IOS lebih tinggi). Itu membuat Apple sanggup membayar developer lebih dari 25 miliar US Dollar sejak tahun 2008.

Pengembangan Game
Perangkat Apple dengan sistem IOS masih terbilang sedikit dibandingkan smartphone Android. Di tahun 2015, Google berasumsi, ada lebih dari 18.000 perangkat Android bersaing di seluruh dunia. Masing-masing perangkat memiliki hardware, ukuran layar serta kombinasi tombol berbeda. Alhasil developer berfokus pada IOS lantaran tak terlalu rumit. Pengembangan di smartphone Android hanya menguji sekitar lima produk flagship saja dan selebihnya menunggu feedback dari pengguna.

Pengalaman Konsisten bagi Pengguna
Masih berkaitan akan paragraf di atas, jika Anda mengunduh game di IOS, tentu game tersebut lancar dimainkan di perangkat Anda atau perangkat Apple lain. Sementara bagi pengguna Android, mereka tak dapat memastikan kelancaran game sebelum memainkan langsung. Pada beberapa kasus, sebuah game di Android gagal running di perangkat yang jauh lebih canggih

Fake Game
Baik IOS maupun Android yang kerap disebut sebagai OS gaming terbaik memiliki masalah sama persis dengan beredarnya fake game alias game palsu. Sebagai contoh, ketika Pokemon Go meledak di pasar pertengahan 2016 lalu, puluhan ribu pengguna IOS dan Android tertipu karena mengunduh aplikasi palsu. Beberapa di antara aplikasi itu tersisip malware atau virus di dalamnya.

FPS
Para mobile gamer jarang memperhatikan hal ini. Lantas, antara IOS dan Android, manakah yang juara dalam urusan skor frame per second? Sejatinya, tiap perangkat berlabel OS gaming terbaik sekalipun dibatasi FPS-nya, di angka rata-rata 30 FPS guna menjaga daya tahan baterai. Namun lagi-lagi IOS unggul dibanding Android, pengujian game Lara Croft Go di iPhone 6S misalnya, mampu mencapai 60 FPS.

Bisa dibilang, IOS sedikit mengungguli Android karena perangkatnya terbatas. Sementara Android punya banyak perangkat berbeda, yang membuatnya semakin kompleks. Tapi semuanya kembali ke diri Anda. Perlu Anda ketahui, bahwa game di Android juga menawarkan sensasi bermain yang mustahil terdapat di IOS.**GP

SHARE