Tanpa Pemain Andalan, Timnas Jerman Tetap Beringas | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tanpa Pemain Andalan, Timnas Jerman Tetap Beringas
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Timnas Jerman berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia menyandang status sebagai juara grup C zona Eropa dengan poin sempurna. Der Panzer mengoleksi 30 poin hasil dari 10 kemenangan beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

piala dunia 2018 male indonesia
Agencia Brasil

Tak cukup sampai disitu, timnas Jerman juga menjadi salah satu tim paling produktif yang mencetak sebanyak 43 gol ke gawang lawan. Jumlah ini bahkan mengungguli Spanyol dan hanya dapat disamai oleh Belgia selama ajang kualifikasi berlangsung.

Lini belakang Jerman pun terbilang sangat tangguh, karena cuma kebobolan empat kali dalam sepuluh pertandingan. Itu artinya, mereka memiliki rekor produktivitas gol yang spektakuler, yakni surplus 39 gol (43-4).

Uniknya, berdasarkan catatan tersebut, tim besutan Joachim Low tidak menempatkan satu pemain pun di jajaran top scorer. Pencetak gol terbanyak bagi Jerman di Kualifikasi Piala Dunia 2018 lahir dari Thomas Muller dan Sandro Wagner, masing-masing lima gol. Torehan keduanya sangat jauh dengan Robert Lewandowski yang mencetak 16 gol selama kualifikasi.

Di bawah Muller dan Wagner, banyak punggawa Jerman tersebar di daftar top scorer. Mereka antara lain Julian Draxler, Serge Gnabry, Leon Goretzka serta Timo Werner, masing-masing mengoleksi tiga gol. Tidak menonjolnya jumlah gol yang dihasilkan oleh satu pemain merupakan kelebihan bagi timnas Jerman.

piala dunia 2018 male indonesia
Rufus46

Salah satu pemain yang menarik perhatian yaitu Joshua Kimmich. Meski menempati posisi bek, ia berhasil menjadi top assist maker di ajang kualifikasi PD 2018 zona Eropa. Seperti dilansir dari Transfermarkt, Kimmich sukses membuat sepuluh assist.

Separuh dari jumlah assist diciptakan pemain berusia belia itu kala Jerman bertemu San Marino. satu saat menjalani laga tandang dan empat di laga kandang. Sementara lima lainnya dicetak saat melawan Republik Ceko, Irlandia Utara, Norwegia dan dua assist melawan Azerbaijan.

Kimmich memang kerap disebut-sebut sebagai salah satu pemain paling berbakat di timnas Jerman. Sejak Bayern Munchen mendatangkannya pada musim 2015/2016 lalu, ia terus menunjukkan performa yang menakjubkan.

Lantas bagi Jerman sendiri, Piala Dunia 2018 Rusia merupakan ajang pertaruhan bagi mereka untuk mempertahankan trofi Piala Dunia 2014 yang telah mereka raih di Brasil. Mampukah Thomas Muller dkk melakukannya, atau justru terseok-seok di babak penyisihan PD 2018? kita tunggu saja kelanjutannya, MALEnials.**GP

SHARE