Misi Berat Die Mannschaft Pertahankan Gengsi | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Misi Berat Die Mannschaft Pertahankan Gengsi
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Timnas Jerman berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia menyandang status sebagai juara grup C zona Eropa dengan poin sempurna. Der Panzer mengoleksi 30 poin hasil dari 10 kemenangan beruntun di babak kualifikasi.

male indonesia piala dunia 2014 jerman
by Jimmy Baikovicius

Tak cukup sampai disitu, timnas sepesialis turnamen ini juga menjadi salah satu tim paling produktif yang mencetak sebanyak 43 gol ke gawang lawan. Jumlah ini bahkan mengungguli Spanyol dan hanya dapat disamai oleh Belgia selama ajang kualifikasi berlangsung.

Lini belakang Die Mannschaft pun terbilang sangat tangguh walau minus Philipp Lahm yang sudah pensiun. Hanya kebobolan empat kali dalam sepuluh pertandingan. Itu artinya, mereka memiliki rekor produktivitas gol yang spektakuler, yakni surplus 39 gol (43-4).

Uniknya, berdasarkan catatan tersebut, tim besutan Joachim Low tidak menempatkan satu pemain pun di jajaran top scorer. Pencetak gol terbanyak bagi Jerman di Kualifikasi Piala Dunia 2018 lahir dari Thomas Muller dan Sandro Wagner, masing-masing lima gol. Torehan keduanya sangat jauh dengan Robert Lewandowski yang mencetak 16 gol selama kualifikasi. Dan ironisnya Wagner, dan juga Leroy Sane tak terpilih untuk berangkat ke Rusia.

Di bawah Muller dan Wagner, banyak punggawa Jerman tersebar di daftar top scorer. Mereka antara lain Julian Draxler, Serge Gnabry, Leon Goretzka serta Timo Werner, masing-masing mengoleksi tiga gol. Tidak menonjolnya jumlah gol yang dihasilkan oleh satu pemain merupakan kelebihan bagi timnas Jerman.

male indonesia piala dunia 2018Joshua Kimmich by Ascul99/wikimedia

Salah satu pemain yang menarik perhatian yaitu Joshua Kimmich. Meski menempati posisi bek, ia berhasil menjadi top assist maker di ajang kualifikasi PD 2018 zona Eropa. Seperti dilansir dari Transfermarkt, Kimmich sukses membuat sepuluh assist.

Dalam tim racikan Joachim Low yang diberangkatkan ke Rusia ini, kombinasi pemain muda dan pemain senior yang juga sudah mengecap pengalaman meraih juara di Piala Dunia 2014, akan menjadi andalan. Kehadiran penjaga gawang Manuel Neur sekaligus sang kapten, lalu Mesut Ozil, Toni Kross, Thomas Muller dan beberapa lainnya, menjadi sinyal bahwa faktor mental tanding menjadi perhatian khusus agar tim tetap stabil,dan seimbang menghadapi tekanan-tekanan.

male indonesia piala dunia 2018 nuer
Manuel Neuer By Steindy/wikimedia

Berikut adalah susunan lengkap skuad timnas Jerman yang sudah resmi dirilis:

Penjaga Gawang: Manuel Neuer (C), Marc-André ter Stegen, dan Kevin Trapp.

Bek: Joshua Kimmich, Mats Hummels, Jerome Boateng, Niklas Sule, Antonio Rudiger, Jonas Hector, Marvin Plattenhardt, dan Matthias Ginter.

Gelandang: Toni Kroos, Sami Khedira, Ilkay Gündogan, Sebastian Rudy, Julian Draxler, Thomas Muller, Mesut Ozil, Marco Reus, Julian Brandt, dan Leon Goretzka.

Striker: Timo Werner dan Mario Gomez.

Lantas bagi Jerman sendiri, Piala Dunia 2018 Rusia merupakan ajang pertaruhan bagi mereka untuk mempertahankan gengsi sebagai pemilik trofi Piala Dunia 2014. Mampukah Thomas Muller dkk melakukannya, atau justru terseok-seok di babak penyisihan PD 2018? kita tunggu saja kelanjutannya, MALEnials.**GP

SHARE