Sering Lembur Bisa Picu Gangguan Jantung | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Sering Lembur Bisa Picu Gangguan Jantung
Sopan Sopian | Sex & Health

Gangguan jantung memang menjadi masalah kesehatan serius. Apalagi penyakit mematikan ini lebih sering menyerang pria. Banyak hal yang dapat memicu terjadinya gangguan jantung, salah satu yang umum adalah pola hidup kurang sehat.

gangguan jantung - Male IndonesiaEelke/flickr.com

Selain itu, ternyata seringnya menambah jam kerja lebih lama atau lembur ternyata juga bisa memicu gangguan jantung. Analisis dari Finnish Institute of Occupational Health yang melibatkan 22.000 orang di seluruh dunia menemukan bahwa, mereka yang bekerja lembur atau yang memiliki jam kerja terlalu lama setiap minggunya lebih berisiko 40-80 persen menderita gangguan irama jantung atau fibrilasi atrial

Fibrilasi atrial merupakan salah satu kelainan pada irama denyut jantung. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya gangguan hantaran listrik pada jantung yang mengontrol irama denyut jantung normal, sehingga hal ini dapat mengakibatkan perubahan irama denyut jantung. Perubahan irama denyut jantung ini pada akhirnya dapat menyebabkan penderitanya merasa berdebar-debar serta mungkin merasa sesak di dada, lelah, dan sakit kepala.

Pasalnya, hal tersebut juga dikaitkan dengan efeknya, uakni kebiasaan hidup dari para karyawan itu sendiri. Dalam hal ini, karyawan yang menghabiskan waktu lebih banyak di tempat kerja atau punya tekanan besar dari kantor umumnya memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya tidak memerhatikan asupan gizinya, makan terlalu banyak, merokok, minum minuman beralkohol secara berlebihan, dan jarang berolahraga.

Jadi, hal itulah yang akhirnya bisa menjadi pemicu terjadinya kelainan atau gangguan jantung dan berbagai penyakit serius lainnya. Maka, penting bagi setiap orang untuk menyeimbangkan jam kerja dengan aktivitas lain yang tak kalah produktif. Seperti berolahraga, berwisata, istirahat yang cukup, dan mempersiapkan asupan gizi yang baik.  

Apabila Anda adalah salah satu orang yang kerap menambah jam kerja demi menyelesaikan pekerjaan kantor, lebih baik Anda berpikir ulang lagi. Memiliki prestasi di tempat kerja memang baik, tetapi lebih baik lagi memiliki tubuh yang sehata. Maka dari itu, meski jam kerja Anda lebih lama dari yang lain, usahakan memilih makanan sehat, berhenti merokok, dan menghindari konsumsi alkohol.

Satu lagi yang perlu Anda perhatikan, karena ketika jam kerja Anda bertambah, tentu duduk terlalu lama di depan komputer atau laptop juga kurang baik. Maka dari itu, usahkan juga untuk tetap bisa berolahraga. Minimal berolahraga ringan di sela-sela kegiatan kerja Anda. 

Kemudian, setibanya Anda di rumah atau menyelesaikan lembur. Anda jangan lagi mendekati ponsel Anda. Berikan tubuh Anda waktu istirahat. Artinya, Anda perlu langsung beristirahat ketika komputer telah dimatikan. ** (SS)

SHARE