Tidak Rumit Menjadi Pribadi yang Bisa Dihormati - Male Indonesia
Tidak Rumit Menjadi Pribadi yang Bisa Dihormati
Sopan Sopian | Relationships

Menjadi pribadi yang dihormati tidaklah sulit. Sihormati dalam hal ini bukanlah ia yang ditakuti oleh orang lain. Tetapi benar-benar memiliki aura yang patut dihormati. 

Bisa Dihormati - Male IndonesiaPhoto by Kelsey Knight on Unsplash

Menjadi seseorang yang kerap dicemooh, sering dianggap tidak ada, dianggap sombong, pastinya sangat menyakitkan. Sehingga tidak sedikit orang ingin merasa pribadinya bisa dihormati. Jika masih belum bisa, mungkin ada yang salah dalam pribadi Anda sendiri. Untuk itu, latihlah beberapa sikap yang bisa mengubah Anda menjadi pribadi yang bisa dihormati.

Jadilah Menyenangkan
Hal pertama yang bisa Anda lakukan menjadi pribadi yang bisa dihormati adalah menyenangkan. Tidak rumit untuk jadi menyenangkan. Anda hanya cukup berjalan dengan senyum dan menyapa orang yang Anda kenal. Kota besar dengan waktu yang super sibuk kadang malas untuk menyapa, orang lebih banyak berpura-pura bermain ponsel untuk menghindari sapaan itu. Padahal menyapa adalah investasi penting untuk menjadi pribadi yang menyenangkan sekaligus bisa dihormati.

Selain itu, saat membicarakan kehormatan, maka yang lebih penting adalah dengan bersikap otentik. Tunjukkan kepada dunia siapa Anda sebenarnya, bahkan jika harus mengorbankan reputasi Anda sebagai orang yang “baik”. Untuk dihormati, Anda harus menjadi orang yang bisa dipercaya.

Jangan Sering Mangkir
Jika Anda terus-menerus mangkir dari kegiatan-kegiatan sosial, atau tidak muncul ketika sebelumnya berkata akan membantu, berusahalah untuk bertindak. Inti untuk menjadi orang yang dihormati adalah menyingkirkan kecenderungan menjadi orang yang tidak bisa diandalkan. Melakukan apa yang Anda katakan ingin Anda lakukan, betapa pun kecilnya, dapat membangun karakter dan mengembangkan rasa menghormati.

Setiap kebohongan yang tampaknya tidak berbahaya membuat Anda kurang bisa dipercaya di mata orang lain, dan orang dengan cepat akan menganggap Anda tidak bisa diandalkan sama sekali. Maka, sekecil apappun yang Anda katakan, lebih baik tepatilah.

Memperkuat Prinsip
Memiliki prinsip menjadi salah satu poin Anda bisa dihormati. Karena Anda dapat menentukan benar atau salah dengan apa yang Anda yakini dalam situasi tertentu. Memiliki nilai-nilai yang kuat adalah kunci untuk menjadi dihormati, karena bertindak dengan rasa hormat berarti melakukan hal yang benar, bahkan jika orang lain tidak sepakat dengan Anda. 

Sangat sulit untuk mengetahui bagaimana cara bertindak dengan rasa hormat pada situasi tertentu. Maka orang yang meliki prinsip yang bisa mencari solusi ini. 

Peduli Terhadap Orang Lain
Kunci lain menjadi pribadi yang bisa dihormati adalah ia yang peduli terhadap orang lain. Orang-orang yang terhormat menunjukkan cinta yang dalam untuk orang lain melalui tindakannya. Jika orang lain di dalam hidup Anda tidak tahu kalau Anda mendukung mereka, maka inilah waktunya untuk mulai menunjukkan kalau Anda berada di belakang mereka. 

Pedulilah dengan orang-orang di luar lingkaran Anda pula. Bertindak dihormati tidak hanya terbatas hanya menolong orang-orang yang Anda kenal dan cintai. 

Menyingkirkan Motif Pribadi
Ketika Anda melakukan perbuatan baik, maka tak ada motif demi kepentingan diri sendiri di belakangnya. Saat melakukan perbuatan baik, Anda harus benar-benar tergerak karena rasa yang benar-benar ingin membantu. Jangan menimbulkan kebencian dalam membantu orang lain, atau bertanya-tanya apa yang Anda peroleh dari situasi tertentu. 

Jika tidak ingin melakukan sesuatu, Anda harus berhenti melakukannya. Lebih terhormat untuk bersikap jujur dan terus terang dengan apa yang Anda rasakan daripada memandang remeh sesuatu yang Anda lakukan. ** (SS)
 

SHARE