Posisi Tidur yang Berdampak Buruk Pada Kesehatan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Posisi Tidur yang Berdampak Buruk Pada Kesehatan
Sopan Sopian | Sex & Health

Setiap orang pasti memiliki posisi tidur yang nyaman. Karena saat tidur tidak cukup dan nyaman, tentu siang hari akan terasa berat dengan serangan kantuk luar biasa. Maka kenyamanan tidur sangat diperlukan. 

posisi-tidur-Male-IndonesiaTetapi, kenyamanan posisi tidur ternyata tidak semuanya berdampak baik untuk kesehatan. Ada beberapa posisi tidur yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan Anda. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui posisi tidur yang tidak dianjurkan. Berikut posisi tidur yang memiliki efek buruk terhadap kesehatan? Apakah ada salah satunya yang menjadi kebiasaan Anda saat tidur?

Posisi Meringkuk
Posisi tidur pertama yang bahaya bagi kesehatan adalah posisi yang meringkuk. Posisi ini cirinya adalah menekukan kaki ke dada seperti orang kedinginan. Buruknya bagi Anda yang kerap tidur dengan posisi ini adalah dapat menyebabkan ketegangan pada punggung dan sendi. Terutama jika lutut dan dagu diselipkan ke dada Anda. Ketika Anda merasa kedinginan, lebih baik hangatkan dengan selimut atau pakaian tebal, sehingga posisi ini tidak Anda lakukan. 

Posisi dengan Mengangkat Satu Kaki
Ketika Anda bersantai di malam hari sebelum tidur, biasanya sembari menatap langit-langit, kaki Anda mengangat salah satunya. Bahkan ada juga, sebelum tidur, kaki Anda ditumpang tindih. Posisi ini juga perlu Anda hindari, karena akan berakibat buruk pada tulang belakang Anda.

Posisi Tengkurap
Posisi tidur dimana perut menghadap kasur ini memang termasuk salah satu posisi tidur yang nyaman. Namun, ternyata ini merupakan posisi tidur yang paling bahaya. Tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan pada tulang belakang, posisi ini juga bisa membuat leher terus berputar dan badan tertekan, sehingga sirkulasi penapasan pun menjadi buruk.? Menurut penelitian, tidur dengan posisi ini juga bisa menyebabkan kematian mendadak.

Posisi Telentang
Sebenarnya, ini merupakan salah satu posisi tidur yang baik. Namun, tidak bagi orang yang memiliki kebiasaan mendengkur. Posisi ini akan menyebabkan efek gravitasi yang membuat pangkal lidah turun ke saluran pernafasan, sehingga menghambat jalannya udara dan menimbulkan suara dengkur yang lebih keras.

Posisi Bintang Laut
Posisi bintang laut ini juga adalah posisi yang dapat meningkatkan dengkuran dan dapat memicu naiknya asam lambung. Pakar tidur juga tidak menganjurkan letak lengan dalam posisi itu karena tekanan yang lebih besar pada pundak sehingga akhirnya dapat memicu rasa sakit dan tidak nyaman.

Posisi Kepala Lebih Tinggi
Poisisi tidur yang tidak baik selanjutnya adalah posisi tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Hal ini dapat menyebabkan hyperflexion dan leher tertarik. Sangat berbahaya karena postur kepala ke depan telah terbukti menurunkan kapasitas paru-paru, mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit asma, sleep apnea, dan penyakit kardiovaskular.

Posisi Menyamping
Tidur dengan posisi menyamping memang enak, namun akan berdampak buruk jika dilakukan terlalu lama. Posisi ini akan memberikan efek negatif berupa penuaan akibat gravitasi, yang menyebabkan kulit wajah menjadi cepat keriput.? Selain  itu, posisi ini juga dapat menimbulkan rasa sakit pada bahu dan lengan karena tekanan pada saraf dan aliran darah tidak lancar. ** (SS)?

SHARE