Memilih Laptop Gaming, Pertimbangkan hal ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Memilih Laptop Gaming, Pertimbangkan hal ini
Gading Perkasa | Digital Life

Apakah MALEnials gemar bermain game di laptop dan sedang kebingungan dalam memilih laptop gaming? Percayalah, Anda tidak sendirian. Banyak gamers yang bernasib sama seperti Anda, bimbang mengambil keputusan.

laptop gaming - Male Indonesia
Cheon Fong Liew/flickr.com

Pada dasarnya, laptop dapat dikatakan sebagai penyempurnaan PC desktop. Ukurannya lebih compact, multi-fungsi dan bisa dibawa ke manapun. Alhasil hampir setiap perusahaan kini memfasilitasi karyawannya dengan laptop lantaran lebih efisien.

Itu jika kita bicara penggunaan laptop untuk bekerja. Namun lain halnya saat Anda hendak memilih laptop gaming. Anda harus memerhatikan terlebih dulu bagaimana spesifikasinya. Mulai dari prosesor, pengolah grafis, kapasitas memori hingga hemat atau tidaknya baterai.

Agar Anda terhapuskan dari rasa bingung ketika memilih laptop gaming, sejumlah hal berikut patut Anda pertimbangkan. Apa saja? Inilah dia.

Layar
Umumnya, layar laptop gaming berukuran 15 inci atau lebih. Tujuannya tidak lain adalah kenyamanan pengguna dalam bermain game berkat layar yang besar. Ingat, resolusi serta jenis layar juga penting diperhatikan. Alangkah baiknya Anda membeli laptop yang memiliki resolusi minimal HD serta jenis layar berteknologi IPS. Kualitas gambar pada layar cenderung lebih bagus.

Prosesor
Dibandingkan PC yang CPU-nya dapat diganti sesuai keinginan, pengguna mustahil mengganti prosesor laptop karena telah menyatu dengan motherboard. Maka sebaiknya Anda perhatikan tipe prosesor pada laptop yang hendak dibeli. Sekarang ini, laptop besutan Intel yakni prosesor Core i5 atau i7 sudah bisa running berbagai game berat dan mulus. Pastikan Anda memilih laptop gaming berlabel MQ atau HQ pada kode prosesornya. Sementara jika Anda lebih tertarik prosesor buatan AMD, seri A8, A10 dan FX bisa menjadi alternatif.

VGA
VGA merupakan salah satu komponen terpenting dalam urusan game. Jika prosesor bertugas menjalankan aplikasi, VGA mempunyai tugas lebih berat, yaitu menangani grafis game sewaktu Anda sedang bermain. Prosesor secepat apapun tak ada gunanya tanpa VGA yang compatible alias mumpuni. Pilih laptop dengan pengolah grafis semisal Nvidia seri GTX atau AMD Radeon seri R7.

Memori
Memori ‘bertugas’ menyimpan progress sebuah game. Selain itu juga perannya cukup penting, memacu supaya game yang dibuka mampu berjalan mulus tanpa lag. Setidaknya ada tiga penyimpanan, yakni HDD, SSD serta RAM. Tugas ketiganya pun berbeda. HDD dan SSD berfungsi menyimpan game, RAM menjadi penyimpanan aplikasi yang tengah berjalan dan bersifat sementara. Kalau Anda mau ‘aman’, belilah laptop gaming dengan kombinasi HDD berkapasitas 1 TB dan SSD 128 GB disertai RAM 4 GB DDR4.

Daya tahan baterai
Bermain game membuat konsumsi baterai laptop semakin boros. Supaya terhindar dari hal demikian, pilih laptop yang kapasitas baterainya irit sehingga Anda bisa bermain cukup lama. Ingat, jangan memakainya tanpa baterai dalam kondisi charging guna menghindari bocornya arus listrik ke perangkat laptop.

Bobot
Ciri khas laptop gaming antara lain bodi kokoh, besar dan agak berat sehingga kurang nyaman ditenteng. Pasalnya, perangkat tersebut memiliki spesifikasi dan fitur berbeda dibandingkan laptop ‘sederhana’. Pertimbangkan bobotnya agar Anda tidak kesulitan membawanya.**GP

SHARE