Ada Kalanya Anda Boleh Bersikap Egois, Kapan? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ada Kalanya Anda Boleh Bersikap Egois, Kapan?
Gading Perkasa | Relationships

Seseorang yang bersikap egois cenderung kurang disukai banyak pihak, apalagi kalau terlalu sering ditunjukkan. Hal itu justru akan memicu respon negatif dan merugikan diri sendiri.

male indonesia bersikap egois
pexels.com

Tidak dapat dipungkiri, bahwa setiap manusia pernah bersikap egois dalam hidupnya meski hanya sesekali. Sayangnya, setelah melewati tahapan tertentu, sebagian orang mulai terbiasa mengedepankan egonya tanpa mau memedulikan orang lain.

Walau demikian, ada kalanya dimana sisi egois sangatlah dibutuhkan. Terlebih jika MALEnials merasa keegoisan tersebut bisa menghindarkan Anda dari berbagai kemungkinan terburuk, seperti pada penjelasan berikut:

Tidak Sehat Secara Fisik maupun Psikis
Saat Anda menyadari bahwa kondisi kesehatan - entah itu fisik atau mental - sedang tidak prima, jangan menuruti seluruh tawaran dan permintaan orang lain. Prioritaskan kesehatan fisik serta mental terlebih dahulu. Karena ketika Anda drop, berbuat apapun tentu agak mustahil.

Lagi Ingin Sendirian
Terlepas dari apakah seseorang tergolong introvert atau ekstrovert, pada situasi tertentu ia benar-benar ingin sendirian. Tanpa waktu ‘me time’, stres bisa muncul. Apabila Anda butuh menyendiri beberapa lama, do it. Sampai mood membaik dan Anda mendapatkan kenyamanan, barulah kembali ke kehidupan sosial.

Harus Mengambil Tindakan Segera
Anda dihadapkan pada situasi dimana Anda harus berbuat sesuatu, namun orang sekitar tidak setuju. Are you waiting for their permission? Big no! Lakukan saja selama alasannya berdasar dan Anda sanggup menanggung risikonya. Bertindak sesuai dengan apa yang Anda yakini dapat menjadi solusi jauh lebih baik daripada berdiam diri.

Lebih Banyak Rugi Dibandingkan Manfaatnya
Ini adalah kebalikan dari poin sebelumnya. Jika seseorang memaksa Anda melakukan sesuatu namun berisiko besar apalagi hingga berdampak pada nama baik dan harga diri, Anda bisa bersikap egois dengan cara menolaknya. Sebab, Anda yang akan merugi nantinya.

Tidak Sesuai Hati Nurani
Jangan meneruskan sebuah kegiatan bila tidak sesuai hati nurani Anda. Tujuannya agar Anda terhindar dari beban moral di kemudian hari. Jelaskan pula mengapa Anda mengambil keputusan tersebut.

Pendapat Anda tak Dihargai
Ketika pendapat Anda belum dipilih orang, itu bukan masalah besar. Yang menjadi persoalan, bila pendapat Anda tidak dipertimbangkan sama sekali. Di momen ini Anda boleh bersikap egois. Pantang menyerah, perjuangkan melalui berbagai cara sampai pada akhirnya pendapat Anda diterima.

Dimanfaatkan Terus-Menerus
Dalam kehidupan, harus ada namanya simbiosis mutualisme. Maka berhentilah menuruti keinginan orang kalau Anda hanya terkesan dimanfaatkan olehnya. Tegas mengatakan tidak dan sisihkan waktu Anda untuk kegiatan yang lebih berarti.**GP

SHARE