Republik Altai, Tujuan Wisata yang Menakjubkan - Male Indonesia
Republik Altai, Tujuan Wisata yang Menakjubkan
MALE ID | Relax

Mungkin nama Republik Altai masih terasa asing di telinga MALEnials, bahkan lokasinya pun tidak Anda ketahui. Namun di beberapa penjuru dunia, tempat ini menjadi tujuan wisata utama turis asing. Lho, kok bisa?

piala dunia 2018 male indonesia
pixabay

Itu disebabkan oleh panorama yang disuguhkan. Mulai dari pegunungan, danau, hutan hingga gurun pasir. Dan semuanya bisa Anda temui di Republik Altai, terletak sangat terpencil dan jauh dari pusat kota Moskow, Rusia. Ya, terlepas dari perannya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, Negeri Beruang Merah memiliki beragam tempat wisata yang menakjubkan.

Di republik yang berbatasan dengan Mongolia dan Kazakhstan ini, terdapat relik agama syaman kuno dan ukiran prasejarah di atas padang rumput. Anda bisa bermain arung jeram, melakukan pendakian ataupun bermalam di rumah tradisional.

piala dunia 2018 male indonesia
Pavel Kazachkov/flickr

Jika Anda hendak merencanakan liburan ke sana, ketahui terlebih dahulu beberapa tips untuk beradaptasi di salah satu wilayah paling eksotis di negeri tuan rumah Piala Dunia 2018 tersebut. Pozhaluysta slushayte.

Menuju Republik Altai
Pilihan terbaik mencapai lokasi yaitu terbang dari Moskow ke ibukota Republik Altai, Gorno-Altaysk yang berjarak 3.800 kilometer di sisi timur Moskow. Setelah tiba, Anda bisa menyewa mobil atau memesan tur dan berkendara ke selatan sepanjang Chuysky Trakt menuju perbatasan Mongolia. Sementara jika Anda memutuskan menyewa mobil, pilih mobil crossover atau jeep.

Mengikuti Jalur Sutra

piala dunia 2018 male indonesia
Vit Hnevkovsky

Chuysky Trakt yang membentang sepanjang seribu kilometer berawal dari Novosibirsk dan melintasi Krai Altayskiy. Jalur ini merupakan jalur utama Altai yang menyuguhkan pemandangan indah. Anda akan melihat desa kecil, puncak salju Gunung Belukha, Kalbak-Tash hingga Sungai Chuya.

Menyewa Penerjemah
Pelayanan di sini hanya tersedia dalam bahasa Rusia. Sehingga, Anda membutuhkan pemandu yang mahir berbahasa Rusia dan Inggris, termasuk saat Anda menyewa mobil. Tur lokal juga disediakan jika Anda tak mau kesulitan, lengkap dengan penerjemah.

Nikmati Suasana

piala dunia 2018 male indonesia
A Vahanvaty

Semakin jauh Anda memasuki Altai, maka semakin sedikit pula penutur bahasa Inggris yang Anda temui. Alternatif berkomunikasi di sejumlah wilayah tersebut yaitu menggunakan bahasa tubuh atau gestur tangan. Meski demikian, Anda bisa menikmati kesunyian kosmik di padang stepa serta mendengarkan pendongeng pengelana tradisional, kaichi yang dapat bercerita berjam-jam lamanya

Menerima Suguhan Makanan
Republik Altai memiliki tradisi kuat dalam hal kulinernya. Penduduk setempat telah lama menjadi penggembala ternak dan tahu cara memasak daging serta menggelar perjamuan bagi keluarga dan wisatawan. Mereka senantiasa menyajikan makanan terbaik di atas meja, walaupun Anda tidak mengerti bahasa Rusia. Maka dari itu, jangan sampai Anda menolak tawaran perjamuan mereka agar tak dianggap melakukan penghinaan. Persiapkan perut untuk melahap daging domba, susu kuda betina serta donat baursaki berwarna cokelat keemasan.

Menyiapkan Cendera Mata
Sebagai ungkapan terima kasih atas keramahan masyarakat lokal, entah karena jamuan ataupun perjalanan yang menarik, Anda wajib menawarkan cendera mata dari negara Anda. Misalnya kartu pos, makanan khas Indonesia dan bisa juga hadiah bermanfaat bagi mereka yang bekerja di lapangan.

Bagaimana MALEnials, sudah tidak sabar ingin segera mendatangi tempat terindah yang berada di negara tuan rumah Piala Dunia 2018 tersebut?**GP

SHARE