Hal Sehari-Hari yang Bikin Wajah Tampak Tua - Male Indonesia
Hal Sehari-Hari yang Bikin Wajah Tampak Tua
MALE ID | Looks

Memiliki wajah tampak tua tentu akan memperburuk penampilan Anda. Apalagi Anda masih terbilang pria single yang masih harus mencari pasangan. Wanita akan memandang Anda seseorang yang telah memiliki pendamping hidup. Sehingga hal tersebut dapat memperpanjang status single Anda.

wajah tampak tua - Male IndonesiaMungkin Anda berpikiran sangat jauh ketika melihat pesona wajah tampak tua ketika berada di depan cermin. Padahal, banyak kebiasaan kecil atau kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya memiliki efek pada penampilan wajah Anda. Salah satunya adalah pola hidup Anda yang kurang baik. Lalu apa saja kebiasaan lainnya? Berikut sederet kebiasaan yang membuat wajah Anda tampak tua.

Tidur Tengkurap
Salah satu kebiasaan yang tidak disadari membuat Anda tampak tua adalah tidur tengkurap dengan wajah yang langsung menempel pada bantal. Alasannya, bantal bisa membuat kerutan pada wajah dan mempercepat proses penuaan. Maka hindar tidur dengan posisi tengkurap. Apalagi jika sarung bantal yang Anda gunakan berbahan dasar satin.

Minum Menggunakan Sedotan
Mungkin bagi Anda yang kerap meminum menggunakan sedotan bisa merasa lebih higienis. Tetapi perlu Anda ketahui, saat Anda meminum minuman menggunakan sedotan, tidak disadari Anda akan menyipitkan mata. Hal ini yang akhirnya membuat kerutan terbentuk di sekitar mata. 

Tidak hanya itu saja, saat menggunakan sedotan untuk meminum minuman, Anda dengan sadar akan mengerucutkan bibir, hal inilah yang dapat membuat bagian mulut mengeriput. Hal yang sama juga ketika Anda merokok. 

Kebiasaan Merokok
Merokok selian membunuh pengguna perlahan-lahann, kebiasaan merokok dapat menyebabkan wajah tampak tua juga. Hal ini disebabkan oleh aktifnya enzim. Aktifnya enzim dapat menyebabkan elastisitas kulit, sehingga menimbulkan kerutan dan kulit pucat. Maka dari itu, ketika Anda ingin sehat dan tampak lebih muda, berhentilah untuk mengonsumsi rokok.

Kurang Mengonsumsi Buah dan Sayur
Kurangnya Anda mengonsumsi buah dasayur bisa membuat Anda memiliki wajah tampak tua. Karena, seiring bertambahnya usia, tubuh sangat membutuhkan buah-buahan daripada kalori. Jadi, bukan hanya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan gizi yang cukup, dengan mengonsumsi buah dan sayur Anda juga dapat memiliki manfaat agar terlihat awet muda.

Membungkuk
Banyak kegiatan dengan posisi membungkuk. Salah satunya adalah mentik kerjaan selama berjam-jam, sehingga postur tubuh Anda harus membungkuk seperti orang lanjut usia.  Jeremy Smith, MD, Ahli Ortopedi tulang belakang, di Hoag Orthopedic Institute, di Irvine, California, tulang belakang memiliki bentuk seperti huruf S yang seimbang. Postur tubuh yang buruk akan menghilangkan keselarasan ini. sebagai hasilnya, otot, lempengan dan tulang menjadi stres.

Gejala stres tulang sendiri biasanya ditandai dengan rasa sakit, nyeri, lelah, dan cepat pegal. Apabila postur tubuh yang buruk tidak segera diperbaiki. Maka bisa brakibat fatal seperti degerasi atau cacat tulang permanen.

Kebiasaan Bergadang
Sering bergadang dan kurang tidur juga punya efek negatif yang berpengaruh buat penampilan Anda. Tidak hanya membuat mata Anda terlihat lebih jelas, kurang waktu tidur ternyata juga dikaitkan sama umur yang lebih pendek. Untuk itu, agar penampilan Anda lebih baik lagi, sudahilah kebiasaan bergadang untuk hal-hal yang tidak perlu. Jika Anda sibuk dengan pekerjaan, lebih baik selesaikan secepat mungkin.

Makanan Manis
mengonsumsi makanan manis secara berlebihan ternyata juga bisa bikin Anda terlihat lebih tua. Karena, Secara internal, molekul gula menempel pada serat protein di setiap sel tubuh. Proses ini dikenal dengan sebutan glikasi, yang bisa bikin hilangnya cahaya dari wajah. Alhasil, lingkaran hitam di bawah mata keliatan, kulit wajah jadi bengkak, garis halus dan kerutan di kulit, dan bikin ukuran pori-pori membesar.

Multitasking
Beberapa studi yang menunjukkan bahwa stres kronis dapat memicu pelepasan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel dan dapat menyebabkan penuaan dini. Nah, orang yang kerap melakukan multitasking terkadang menimbulkan efek stres yang dapat memicu hal tersebut.

“Orang-orang berpikir bahwa multitasking itu baik. Jika anda bicara mengenai kecepatan bekerja, mungkin saja itu benar. Tapi, multitasking bisa membuat anda stres,” kata Raymond Casciari, MD, Kepala Medis St. Joseph Hospital, Orange, California. ** (SS)

SHARE