Metode Latihan Kekuatan dengan Ban Bagi Pemula | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Metode Latihan Kekuatan dengan Ban Bagi Pemula
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Latihan kekuatan dengan ban memang kerap terlihat dilakukan oleh beberapa selebritas atau tokoh kebugaraan olahraga dengan cara mengangkat ban berukuran besar yang kemudian dibalik. Awalnya memang terlihat seperti sebuah hiburan olahrga semata, namun ternyata itu adalah salah satu jenis oalahraga baru.

Latihan kekuatan - Male Indonesia Pixabay.com

Latihan Kekuatan dengan Ban ini diklaim memiliki beberapa keuntungan lain seperti ningkatkan kondisi tubuh dan menurunkan berat badan secara efektif. Bagi Anda yang ingin mencobanya bisa dengan sangat mudah untuk melakukan latihan baru ini. Asal yang perlu Anda ingat adalah Anda benar-benar membutuhkan kekuatan otot.

olahraga dengan ban tentunya hanya membutuhkan sebuah ban saja, tetapi syaratnya adalah ban yang memiliki ukuran sangat besar, misalnya ban truk atau bus. Untuk memulai latihan ini, Anda bisa memulainya dengan menggunakan ban mobil yang lebih kecil. Hal ini untuk menghindari cidera secara tiba-tiba.

Setiap olahraga tentu memiliki tahapan. Begitupun untuk latikan kekuatan dengan ban ini. Latihan bertahap tersebut, setelah dengan ban lebih kecil, Anda bisa bergeser dengan menggunakan ban untuk mobil bus. Kemudian,  jika sudah sangat terlatih Anda bahkan dapat beralih ke ban traktor.

Lalu, di mana dapat melakukan olahrga yang membutuhkan kekuatan otot ini? Sebenarnya fleksibel, yang terpenting Anda memiliki lahan yang cukup luas. Pelataran rumah juga bisa Anda gunakan. Karena Anda tidak hanya membolak-balikan ban sekali saja, tetapi beberapa langkah.

Seperti dilansir Times of India, cara lain untuk melakukan latihan kekuatan dengan ban ini adalah mengikatkan tali pada ban dan menggunakan kekuatan Anda untuk menyeret ban dengan tali tersebut. Agar tidak terjadi cidera, Anda perlu malukan pamansan sebelum melakukannya. Pemanasan yang bisa dilakukan yakni dengan melompati ban untuk membuat metabolisme Anda siap sebelum Anda memulai olahraga ini. 

Karena latihan ini cukup berat, Anda perlu memastikan waktu dan istirahat atau berhenti setiap kali merasakan nyeri yang ekstrem pada tubuh Anda. Berbicara dengan ahli sebelum memulai olahraga ini juga sangat dianjurkan.

Perlu diketahui, olahraga satu ini terdiri dari gabungan latihan berat, kekuatan dan kardio yang tentunya sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Lalu berapa lama sebaiknya melakukan olahraga ini? Setiap harinya, Anda bisa melalukan 20 menit. Hal tersebut setidaknya sudah membantu membakar 400 kalori dalam tubuh. ** (SS)

SHARE