Teknik Skateboard yang Keren untuk Pemula | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Teknik Skateboard yang Keren untuk Pemula
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Menguasai teknik skateboard tentu tidaklah mudah. Anda memerlukan latihan khusus dalam waktu cukup lama sebelum akhirnya bisa mahir bermain selayaknya pro skater dunia, Tony Hawk.

teknik skateboard - Male Indonesiapexels.com

Namun jika Anda mempunyai keterbatasan dalam hal waktu dan ingin tetap belajar teknik skateboard, Anda bisa belajar teknik paling dasar terlebih dulu, yaitu grinding. Apa itu?

Pada umumnya, tiap skater kerap melakukan trik grinding di sebuah rail atau obstacle yang dibuat sendiri. Entah di sebuah taman, trotoar ataupun skatepark. Memang berpotensi merusak truck pada bagian bawah papan, tapi bagi para skater semakin rusak justru akan bertambah keren.

Dan perlu diketahui, bahwa menguasai grinding bukan perkara gampang. Anda dituntut agar mampu mengendalikan papan di atas sebuah objek datar dan tipis. Bagaimana caranya? Simak sedikit tips dari Satria Vijie, salah seorang pro skater tersohor nasional.

Belajar dan Kumpulkan Referensi
Jika Anda masih awam dan baru di dunia skate, disarankan belajar dari ahlinya. Grinding butuh latihan khusus dan ketekunan. “Carilah beberapa referensi mengenai trik grinding, termasuk cara jatuhnya. Supaya menghindari cedera serius saat melakukannya. Fokus dan mau mencoba,” ujar Satria.

Belajar Jatuh
Tak sedikit pemain skateboard belum paham bagaimana cara jatuh yang tepat ketika melakukan trik. Untuk memelajarinya, perhatikan posisi tangan terlebih dahulu. “Cara jatuh yang aman saat melakukannya, jangan menahan dengan tangan. Usahakan berguling dan peregangan lebih banyak agar menghindari cedera,” kata Satria. 

teknik skateboard - male IndonesiaPexels.com

Ketahui Jenis Trik Grind
Grinding bukan sekadar melaju di atas rail saja. Terdapat bermacam kombinasi yang wajib Anda ketahui. Semisal 50-50 grind, nose grind hingga crook grind. Satu teknik paling sulit adalah feeble grind. Teknik skateboard dimana pemain harus menggesekkan truck belakang dan sebagian papan sedikit serong.

Menguasai Teknik Dasar
Seperti olahraga pada umumnya, pemain perlu menguasai teknik dasar. Sebelum mahir grinding, ollie dan backside/frontside oliie menjadi syarat utama. “Tujuannya memudahkan skater sewaktu melakukan grind di objek dan menjaga keseimbangan,” tutur Satria.

Gunakan Papan Presisi
Ukuran papan sangatlah berpengaruh. Pasalnya, keseimbangan dan fokus merupakan kunci keberhasilan Anda dalam melakukan trik. Ada baiknya papan yang dipilih nyaman dipakai penggunanya. “Kalau papannya terlalu kecil, akan lebih sulit menyeimbangkan trik saat grind. Saran saya sih, sesuaikan ukuran papan dengan sang skater. Tidak terlalu kecil, tapi juga tidak kebesaran,” ucapnya.**GP

SHARE