Istilah Unik yang Cuma Dipahami Karyawan Google - Male Indonesia
Istilah Unik yang Cuma Dipahami Karyawan Google
MALE ID | Digital Life

Setiap tempat pasti memiliki gaya bahasa atau istilah unik guna menggambarkan berbagai hal. Tujuannya pun sangatlah beragam. Entah demi menciptakan ciri khas sendiri, membuat suasana menjadi lebih santai hingga mempersingkat pengucapan kata.

istilah unik - Male Indonesia
Chris Betcher/flickr.com

Hal tersebut juga diterapkan di tempat kerja, salah satunya Google. Perusahaan raksasa di bidang search engine seantero jagat itu memiliki begitu banyak istilah unik yang cuma bisa dipahami oleh para karyawan yang bekerja di lingkungan Google.

Oleh karenanya, dalam kesempatan kali ini kami telah merangkum sejumlah istilah unik yang senantiasa diucapkan karyawan Google disertai maknanya, seperti dilansir dari Business Insider. Check it out, MALEnials!

Googler dan Noogler
Setiap karyawan Google mempunyai sebutan Googler. Tetapi, itu tidak berlaku bagi seseorang yang baru saja bergabung. Di sana, karyawan baru disebut dengan Noogler. Mereka mudah dikenali, karena selama masa orientasi mereka menggunakan topi berwarna-warni yang dilengkapi baling-baling sebagai identitas ‘newcomer’.

Xoogler
Jika Googler dan Noogler adalah sebutan bagi karyawan Google, maka Xoogler diartikan sebagai orang-orang yang dulunya pernah bekerja di sana lalu meninggalkan perusahaan karena bermacam alasan. Xoogler juga memiliki web sendiri yaitu xoogler.co sebagai tempat berkumpulnya ‘alumni’ Google.

TGIF
 Bagi karyawan Google, arti istilah ini bukan “Thanks God it’s Friday”. Melainkan istilah untuk menyebut rapat rutin yang digelar di setiap kantor Google di seluruh dunia pada hari Kamis. Tak ada satu orang pun boleh melewatkan TGIF, termasuk para Noogler yang baru menerima identitas mereka.

Doogler
Google mengizinkan para karyawannya membawa hewan peliharaan ke area kantor. Dan hewan yang paling banyak dibawa adalah anjing. Karena itulah, baik karyawan maupun si anjing biasanya disebut Doogler. Oh, that’s weird.

Plex
Plex merupakan singkatan dari Googleplex. Merujuk kepada kantor pusat Google yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Googlegeist
Terdengar seperti poltergeist, tapi arti Googlegeist tak berkaitan dengan sesuatu berbau magis. Googlegeist yaitu kegiatan rutin karyawan Google mengisi survei yang menilai atasan mereka atau suasana di kantor. Survei dilakukan setiap tahun.

Jewglers
xJewglers mengacu pada camilan manis yang tersedia di markas Google. Tampilan camilan sungguh menarik, karena memiliki empat warna menyesuaikan logo search engine ciptaan Larry Page dan Sergey Brin tersebut, yakni biru, hijau, kuning dan merah.

Brewgler
Karyawan penggemar bir tergabung dalam kelompok bernama Brewgler. Kegiatannya antara lain saling memberi rekomendasi kedai bir nikmat atau bahkan pesta minum bersama.

Stan
Secara harafiah, stan bermakna gerai. Namun, di kantor Google, Stan adalah patung berbentuk kerangka T-Rex yang berada di salah satu sudut markas. Patung ini dibuat sebagai pengingat agar perusahaan tak bernasib seperti dinosaurus. Pernah eksis di masa lampau dan sekarang tinggal fosil.

Dogfood 
Dogfood bukanlah makanan anjing. Melainkan sebutan terhadap software yang masih dalam tahap pengujian.

Memegen
Karyawan Google mempunyai Memegen. Sebuah meme generator dimana setiap orang bisa saling berbagi lelucon di kalangan internal perusahaan.

20 Percent Time
Google membolehkan karyawannya menghabiskan sebanyak 20% waktu mereka untuk mengerjakan proyek lain di luar tugas utamanya. Di rentang waktu tersebut, para karyawan bisa menciptakan produk unggulan yang mendunia. Gmail, Google AdSense dan Google News lahir berkat adanya kebijakan 20 Percent Time ini.**GP

SHARE