Komunikasi yang Baik, Tidak Menjamin Kebahagiaan - Male Indonesia
Komunikasi yang Baik, Tidak Menjamin Kebahagiaan
MALE ID | Relationships

Komunikasi yang baik dalam sebuah hubungan sering disebut sebagai hal yang dapat membuahkan hubungan yang bahagia. Namun nyatanya komunikasi bukanlah kunci untuk mendapatkan hubungan yang bahagia. 

komunikasi yang baik - Male Indonesia
Pexels.com

Menurut Douglas LaBier, Ph.D., seorang psikolog dan psikoterapis, komunikasi yang baik dan lancar antara kedua belah pihak tidak akan membuat sebuah hubungan jadi lebih membahagiakan dan memuaskan. Sebab, menurutnya komunikasi yang lancar adalah akibat atau turunan dari hubungan asmara yang baik. 

Artinya, komunikasi yang baik tersebut bukan menciptakan hubungan yang baik pula, seperti selama ini sering Anda dengar. Namun, sekali lagi mempertegas, bahwa hubungan yang baiklah yang menciptakan komunikasi yang baik pula.

Peneliti dari University of Georgia yang dimuat dalam Journal of Marriage and Family juga menunjukan bahwa sejoli yang merasa puas dan bahagia dalam hubungannya lebih mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar, daripada pasangan atau sejoli yang tidak bahagia dalam hubungannya. Hematnya, ketika Anda dan pasangan yang sama-sama bahagia, friksi atau konflik yang terjadi memiliki kemungkinan yang tidak cukup besar. 

Melibatkan Semua Unsur
Ketika komunikasi bukan menjadi kunci untuk menciptakan kebahagiaan Anda dan si dia. Lalu apa yang bisa menumbuhkan kebahagiaan dalam sebuah hubungan? LaBier sendiri mengatakan, tidak ada rahasia yang pasti untuk itu. Hal paling terpenting adalah menciptakan hubungan yang sehat dan bahagia.

Dalam menciptakan hubungan sehat dan bahagia tersebut, kata LaBier, Anda dan si dia harus saling melibatkan satu sama lain dalam setiap aspek atau unsur-unsur hubungan, baik itu secara fisik (salin membantu), emosional, maupun spiritual. Lebih jauhnya, Anda harus saling bersikap dan mengekspresikan diri sejujur-jujurnya. 

"Menerima keujujuran tersebut sebagai bagian dari diri masing-masing. Kejujuran ini adalah penting," tutur LaBier. 

Sehingga, dalam hal ini, jika ingin memiliki hubungan yang baik dan bahagia, bukanlah komunikasi melainkan kejujuran itu sendiri. Anda harus dapat membangun hal sifat tersebut dalam sebuah hubungan. Pasalnya, kata LaBier, telah banyak studi yang menunjukan bahwa pasangan yang saling jujur memiliki keintiman dan kenyamanan yang bih baik daripada yang sebaliknya. ** (SS)

SHARE