Perangkat Lunak Pembawa Dampak Buruk Pada Komputer - Male Indonesia
Perangkat Lunak Pembawa Dampak Buruk Pada Komputer
MALE ID | Digital Life

Perangkat lunak atau software tentu sejatinya memiliki dampak baik untuk sebuah perangkat keras (hardware) di dalam komputer atau laptop. Sehingga beragam kegunaannya bisa mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputernya untuk melakukan serangkaian aktivitas.

Perangkat lunak - Male IndonesiaPixabay.com

Sayangnya, tak semua perangkat lunak memberi dampak atau efek yang baik untuk komputer ataupun laptop Anda pasca di-instal. Benarkah demikian? Lantas, apa saja kah aplikasi yang malah memberikan efek buruk untuk komputer atau laptop setelah di-instal

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut beerapa perangkat lunak yang bisa membawa dampak buruk pada komputer Anda.

iTunes
Perangkat lunak pertama adalah iTunes. Bagi Anda pengguna Mac tentunya sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Lantas, apakah Anda pernah merasakan kejadian kurang mengenakan kala menggunakan aplikasi ini di Mac? Jika iya, alangkah baiknya tidak menginstal aplikasi ini pada pengguna Windows. 

Karena, jika pada perangkat asli perusahaannya saja kurang baik, rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi akan seperti apa jika iTunes digunakan pada perangkat komputer dengan OS Windows.

CCleaner
Perangkat lunak selanjutnya adalah CCleaner. Mengapa bisa perangkat lunak atau software yang satu ini memberi efek yang tidak baik pada komputer atau laptop Anda? Sebab, ada satu kekurangan fatal dari CCleaner. Sebagai bagian dari proses pembersihan pada disk, software ini menawarkan registry cleaner. Hal itu yang kemudian malah membuat komputer jadi melambat. Bahkan, ada kasus di tahun 2017 lalu kala CCleaner malah membawa malware ke komputer penggunanya.

Norton Anti-Virus
Isu anti virus yang sempat populer di tahun 2000-an ini banyak yang menyebut bahwa anti virus buatan ‎Symantec ini malah membuat perangkat komputer jadi lemot alias melambat. Hal itu bahkan banyak disampaikan penggunanya melalui forum resmi norton.com.

Apalikasi WhatsApp untuk Komputer
Kemudian adalah aplikasi WhatsApp. Tak hanya pada smartphone, aplikasi ini nyatanya juga bisa digunakan pada Komputer atau laptop. Adapun efek buruk yang diberikan adalah satu akun WhatsApp yang aktif di smartphone dan komputer harus berada dalam satu koneksi internet atau WiFi yang sama. 

Ditambah lagi, proses instalasi yang memakan ruang hingga 100 MB dan berbagai kekurangan lainnya yang membuat penggunaan WhatsApp di komputer jauh dari kata nyaman. Dan aplikasi terakhir yang memberi efek buruk pada komputer atau laptop Anda adalah Flash Player. Sudah begitu banyak kasus keamanan perangkat komputer yang terjadi akibat Flash Player. 

Bahkan di tahun 2015, aplikasi ini dinobatkan sebagai Most Exploited Product oleh Recorded Future akibat banyaknya bug yang ada di aplikasi ini. ** (SS)

SHARE