Bingung Membersihkan Sepatu Putih? Simak Tipsnya - Male Indonesia
Bingung Membersihkan Sepatu Putih? Simak Tipsnya
MALE ID | Looks

Membersihkan sepatu agak sulit dilakukan, terlebih jika Anda hendak membersihkan sepatu putih. Pernah mengalaminya?

sepatu putih - male Indonesiapixabay.com

Dari sekian banyak item fashion pria, salah satu yang paling cepat kotor adalah sepatu. Pasalnya, setiap harinya Anda menggunakannya untuk melewati jalan becek, berpasir atau mungkin hingga berlumpur. Jika sudah kotor dan kusam, sepatu tentu tak sedap dilihat dan berkurang kenyamanannya.

Memang betul, sepatu berwarna putih bakal membuat Anda tampak sporty dan tetap berkelas. Contohnya sepatu sneakers yang diminati mayoritas kaum adam karena sangat mudah dipadukan bersama outfit apapun. Namun, melindungi sepatu putih agar tetap bersih bukan perkara gampang.

Setelah Anda kenakan beberapa kali, noda pada sepatu putih tak bisa dihindari. Apakah Anda mau membiarkannya begitu saja karena bingung membersihkannya? Tenang saja MALEnials, kami punya tips supaya penampilan stylish Anda senantiasa terjaga. Simak penjelasannya di bawah ini.

Semir Sepatu
Semir sepatu merupakan cara paling praktis yang bisa Anda coba pertama kali. Gunakan semir sepatu khusus untuk membersihkan sepatu putih. Bercak noda yang menempel akan tertutup, tak sepenuhnya hilang.

Sabun dan Air
Ketika sepatu berwarna putih terkena noda cukup parah seperti lumpur, solusinya cuma satu. Bersihkan menggunakan air dan sabun. Jangan lupa bagian dalam juga dibersihkan. Atau jika perlu, rendamlah sepatu Anda semalaman. Setelah itu baru dibilas, dan sepatu akan kembali bersih layaknya sepatu baru.

Pasta Gigi dan Sikat
Anda wajib tahu, bahwa pasta gigi dan sikat juga dapat menghapus bagian noda pada sepatu warna putih. Tinggal oleskan dan menyikatnya secara perlahan-lahan. Usai melakukannya, bersihkan dengan lap atau handuk basah supaya bekas pasta gigi dan noda benar-benar sirna.

Penghapus
Ya, Anda tidak keliru membaca poin berikut. Memakai penghapus untuk membersihkan sepatu berwarna putih sangat memungkinkan, terutama yang berbahan suede. Gosok penghapus melawan arah dari noda supaya sepatu lebih cepat bersih.

Deterjen atau shampoo
Hampir sama seperti penggunaan pasta gigi dan sikat, cukup oleskan deterjen atau sampo pada bagian sepatu yang ternoda. Kemudian sikat perlahan. Jangan lupa, gunakan bulu sikat yang halus.

Alkohol
Anda tentu tidak menyangka jika ternyata alkohol juga dapat membersihkan sepatu. Caranya yaitu siapkan alkohol dan kipas. Tuangkan merata pada bagian yang terkena noda. Karena alkohol merupakan cairan bersifat keras, hati-hatilah menggosoknya agar kulit sepatu tidak mengelupas.

Pemutih
Pemutih dapat Anda pakai ketika sudah tak ada cara lain untuk membersihkan sepatu putih Anda. Pasalnya, cairan ini mengandung zat yang sifatnya korosif (membuat kulit sepatu memudar). Supaya aman, sikat bagian bercak noda saja tanpa menyikat bagian lain dan diamkan beberapa saat, sehingga kotoran betul-betul terangkat.**GP

SHARE