7 Balapan Mobil, Uji Kemampuan dan Pacu Adrenalin - Male Indonesia
7 Balapan Mobil, Uji Kemampuan dan Pacu Adrenalin
MALE ID | Sport & Hobby

Ajang balapan mobil selalu mempertontonkan sajian menarik. Entah deru mesin yang meraung-raung, insiden antar para pebalap, hingga salip-menyalip dengan kecepatan tinggi menuju garis finish.

ajang balapan mobil - male Indonesia
pixabay.com

Bisa dibilang, balapan mobil mempunyai sensasi tersendiri dibandingkan olahraga pada umumnya, karena adrenalin setiap pebalap akan terpacu. Namun tahukah MALEnials jika saat ini terdapat begitu banyak jenis ajang balapan mobil di dunia selain Formula 1? 

Pada setiap balapan, tantangannya pun berbeda-beda dan menjadi pengalaman yang sulit dilupakan oleh para pelakunya. Cukup sedikit orang bisa merasakannya lantaran butuh keberanian besar melakukan olahraga ekstrem tersebut.

Itulah yang membuat berbagai pihak penasaran, mungkin juga Anda. Kira-kira apa saja ajang balapan mobil paling menantang bagi kaum adam? 

Drag Racing

Drag racing adalah salah satu ajang balap dimana setiap peserta memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi di trek lurus. Meski terkesan simpel, banyak orang ingin tahu seperti apa sensasi menaiki mobil dalam keadaan full throttle.

Touring

Jika biasanya balapan menggunakan mobil khusus, maka touring car sangatlah berbeda. Mobil yang digunakan untuk balapan berukuran besar, dan lintasannya yaitu jalan raya. Memang laju kendaraan tidak secepat lomba balap lainnya, karena touring car lebih menitikberatkan pada konsistensi berkendara di jalan raya.

Drift

Drifting merupakan teknik mengemudi yang mampu membuat posisi mobil miring disertai kecepatan tinggi. Umumnya, teknik drifting semakin ditunggu-tunggu penonton saat menghadapi tikungan tajam. Gesekan antara ban mobil dengan aspal kerap menghasilkan bunyi yang memekakkan telinga.

Rally

Ajang rally sendiri biasa menggunakan rute lintasan yang beragam. Mulai dari aspal, salju, kerikil dan lumpur. Semua lintasan itu harus dilewati agar pebalap bisa menuju garis finish. Sensasi mengemudinya tak perlu diragukan lagi, karena sang pebalap akan memacu mobilnya melawan berbagai ‘medan’.

Offroad

Balapan offroad sebenarnya menyerupai rally. Hanya saja balapan ini memakai mobil berjenis Sport Utility Vehicles (SUV) atau mobil dengan ban 4-wheel drive (4WD). Medan yang dilalui juga jauh lebih ekstrem, seperti sungai, bebatuan, pasir, tanah liat hingga tanjakan terjal. Rintangan tersebut menjadi keseruan yang sulit diperoleh di ajang balapan mobil lain.

Slalom

Orang sering keliru dalam membedakan antara drifting dan slalom. Sekilas memang serupa, tapi tak sama. Slalom berarti membuat mobil berjalan meliuk-liuk. Butuh teknik yang mumpuni sehingga tidak sembarangan orang bisa melaluinya.

Gymkhana

Barangkali Anda jarang mendengar balapan ini. Gymkhana merupakan perpaduan antara drifting dan slalom yang menampilkan atraksi menakjubkan sekaligus mengerikan. Bagaimana tidak, pebalap akan memacu mobil sekencang-kencangnya serta meliukkannya. Tak jarang mobil terangkat atau miring hingga beberapa derajat.**GP

SHARE