Sochi, Kota Pesisir Laut Hitam Rusia yang Memikat - Male Indonesia
Sochi, Kota Pesisir Laut Hitam Rusia yang Memikat
MALE ID | Relax

Piala Dunia 2018-MALE Indonesia

Sochi merupakan salah satu daerah tujuan wisata paling populer di Rusia. Letaknya yang berada di di Krasnodar Krai, dekat perbatasan Rusia dengan Abkhazia, Georgia, memberikan latar belakang yang memikat dengan puncak bersalju  Pegunungan Kaukasus serta pantai Laut Hitam.

Foto maxpixel

Di Rusia, tak ada jalan yang lebih menarik dibanding jalan raya pinggir laut yang menghubungkan Adler dengan pusat kota Sochi. Membentang sepanjang 147 km, Sochi Raya merupakan kota terpanjang kedua di dunia. Kota ini dahulunya tidak seramai seperti sekarang ini.

Semenjak 2014 lalu, di mana Distrik Adler di Sochi menjadi lokasi utama Taman Olimpiade yang baru, dan sekaligus mengubah Sochi 180 derajat, karena kota yang dulunya sepi, sekarang memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan. Sekarang, dengan Rusia menjadi tuan Rumah Piala Dunia 2018, kota ini bisa menjadi alternatif juga untuk Anda berwisata sekaligus menunggu tim kesayangan berlaga di lapangan hijau.

Semua Tentang Supir Taxi
Mengutip laman Russia Beyond, apapun yang Anda cari di Shoci tanyalah pada sopit taksi. Pasalnya, menawarkan tur ke wilayah Abkhazia yang terletak di seberang perbatasan (penduduk dari beberapa negara butuh visa untuk masuk), memperkenalkan Anda pada penyelundup anggur dan minuman keras yang ‘andal’ di seberang perbatasan, atau menawarkan kerja sama di perusahaan yang meragukan.

Meski begitu, Anda harus benar-benar berhati-hati, hidnari penawaranyang dapat meinumbulkan masalah yang serius. Tetapi untuk bermain api sedikit menjadi hal menantang di sini. Karena membeli sebotol chacha (brandy buatan lokal dengan kadar alkohol 55 – 60 persen) secara ilegal misalnya, akan menjadi pengalaman yang menghibur dan dapat diceritakan saat Anda bercengkerama di bar. 

Kehidupan Malam
Masih berhubungan dengan supir taxi. Melalui supir taxi di jalan pesisir laut ini, Anda bisa menanyakan sebuah pelajayaran menarik dengan sebuah perahu. Karena tidak sedikit supir taxi memiliki kolega dengan para pemilik perahu. Ketika Anda datang ke sini, nikmatilah dengan santai berlayar di sepanjang pesisi Sochi dan Adler yang berbukit-bukit.

Foto by Aleksandr Zykov/flickr

Ketika Anda berada di pelabuhan juga, banyak sederet kapal-kapal di sana, namun ada yang spesial, kapal paling besar. Kabarnya, kapal pesiar pribadi Presiden Putin berlabuh di sini. Kapal ini terlihat menonjol dibanding kapal lain.

Kemudian, setelah menikmati berlayar, senja tak begitu saja mematikan aktivitas menarik di Sochi. Karena, sekitar pukul 18.00 waktu setempat, beberapa bar dan kafe di sepanjang garis pantai Sochi dan Adler mulai "menarangkan" lampu-lampunya.

Di Sochi, bar dan cafe menjadi milik semua warga dari kalangan usia dan strata sosial. Karena tempat yang sama bisa dikunjungi oleh anak-anak muda yang penuh gaya, para lansia, serta penikmat alkohol yang mengenakan pakaian joging sekalipun. Bahkan, di sini semua orang bisa berbagi mikrofon di bar karaoke.

Saat Anda memasuki lebih dalam, Anda mungkin akan jatuh hati pada wanita bermata hijau yang maju untuk menyanyikan lagu reggae lama. Meski di dalam bar, Anda tidak perlu was-was, kota kecil di Rusia ini memiliki semangat kesetaraan tinggi, sehingga Anda tidak akan membiarkan siapa pun bersikap masa bodoh. 

Salah satu kawasan paling dilindungi di Eropa
Ketika pagi menyongsong, ketika Anda telah puas dengan kehidupan malam di Sochi, Anda jangan dahulu cepat-cepat beranjak dari kota paling panas di Rusia ini. Sebab, masih ada hal menarik yang perlu Anda jelajahi. 

Sebab, saat Anda telah ada di Sochi, Anda bisa menyambangi Caucasian Biosphere Reserve, Situs Warisan UNESCO yang letaknya bersebelahan dengan Sochi National Park. Caucasian Biosphere Reserve adalah salah satu area terbesar yang paling dilindungi di Eropa, dengan banyak pohon yang usianya lebih dari 1.000 tahun. Kawasan ini juga punya 30 satwa endemik termasuk Caucasian bison dan Persian leopard.** (SS)

SHARE