Cara Merawat Rambut Keriting Agar Terlihat Memukau - Male Indonesia
Cara Merawat Rambut Keriting Agar Terlihat Memukau
MALE ID | Looks

Bagi para pria, menata rambut keriting sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit. Namun beberapa masih menganggap bahwa mempunyai rambut keriting cenderung menyusahkan.

Male IndonesiaPhoto by Carlos Arthur M.R on Unsplash

Anggapan itu memang tidak sepenuhnya salah. Pertama, rambut akan terlihat mengembang ketika selesai keramas. Belum lagi berbagai problem seperti rambut yang bercabang lantaran Anda jarang melakukan perawatan ekstra.

Tapi ketahuilah MALEnials, rambut keriting adalah anugerah yang justru didambakan oleh banyak wanita. Benarkah? Ya, selama Anda bisa menata rambut keriting dengan baik dan rutin, niscaya Anda akan menjadi pusat perhatian kaum hawa ke manapun Anda pergi.

Demi mewujudkan niat tersebut, pahami teknik perawatan ‘lion hair’ Anda agar penampilan semakin meningkat, seperti penjelasan berikut.

Memilih Gaya Rambut yang Tepat
Walau rambut Anda keriting, Anda tetap bisa bebas dalam memilih style, entah itu panjang atau pendek. Kalau Anda memilih memanjangkan rambut, sebaiknya tidak melebihi pundak. Sebab, rambut akan menjadi berantakan. Sedangkan untuk gaya rambut pendek, ada beberapa alternatif seperti curly wave, wavy and top heavy. Potongan under cut juga bisa Anda coba. Setelah itu gunakan pomade, jika ingin tampak rapi.

Keramas Seperlunya
Kelembapan rambut sangat penting supaya rambut keriting terlihat lebih bagus dan tidak kusam. Biasanya, rambut jenis ini terkesan acak-acakan dan kurang sedap dipandang. Maka wajar, tipe rambut Anda membutuhkan minyak alami dalam jumlah besar yang dikeluarkan oleh kulit kepala. Keramas seperlunya saja, jangan terlalu sering agar rambut tidak kering. Kira-kira empat kali dalam kurun waktu seminggu, itu sudah cukup.

Jangan Sering Menyisir Rambut
Rambut ikal sebisa mungkin jangan sering disisir. Karena bisa menyebabkan rambut kian mengembang dan terkesan buruk. Jika Anda ingin menyisirnya, lakukan pada malam hari dengan sisir bergerigi renggang. Tujuannya agar penampilan rambut lebih prima di pagi harinya. Hindari menyisir rambut ketika sedang basah apalagi Anda baru selesai keramas. Namun kalau Anda memang perlu segera merapikannya, cukup gunakan jari tangan saja.

Gunakan Conditioner
Conditioner diperlukan bagi rambut yang cenderung kering. Semakin rambut berbentuk keriting, semakin kering pula rambut Anda. Sehingga, Anda butuh pelembap yang tepat sehabis keramas dengan memakai conditioner, setidaknya dua menit sebelum dibilas.

Rajin Memotong rambut
Tips menata rambut keriting yang terakhir, ingat bahwa rambut Anda mempunyai kemampuan rendah dalam menyerap air dan mudah kering serta bercabang. Dengan rajin memotong rambut, Anda akan terlihat rapi. Potonglah setiap dua bulan sekali, jangan melebihi batas waktu tersebut.

SHARE