Google Bisa Temukan Ponsel yang Hilang - Male Indonesia
Google Bisa Temukan Ponsel yang Hilang
MALE ID | Digital Life

Bukan hanya kehilangan sosok dalam hati saja, ponsel yang hilang juga bisa membuat Anda terasa gelisah. Bahkan parahnya, kehilangan ponsel jauh lebih penting daripada kehilangan kekasih.

ponsel yang hilang - Male Indonesia
Photo on Visualhunt

Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang rela kehilangan kekasih daripada ponsel yang hilang. Penelitian itu dilakukan oleh para peneliti dari Kaspersku Lab, di mana Survei menunjukkan bahwa 49 persen responden menganggap foto-foto diri mereka yang bersifat pribadi dan sensitif merupakan data paling berharga yang mereka miliki di perangkat digital.

Bagi mereka gagasan akan kehilangan kenangan berharga ini dianggap lebih menyedihkan dibandingkan kemungkinan mengalami kecelakaan mobil, berpisah dari pasangan, bertengkar dengan teman atau anggota keluarga. Daripada merasa kehilangan semuanya, lebih baik Anda dapat menyelamatkan semua. Untuk itu, jangan dahulu panik, Anda bisa melakukan pencarian ponsel yang hilang khususnya bagi Anda yang memiliki ponsel dengan OS Android. Caranya hanya dengan bantuan Google.

1. Masuk ke Google dengan Browser
Saat ponsel Android Anda hilang, Anda bisa langsung pergi membuka laptop atau komputer Anda masuk ke browser. Kemudian login ke akun Google yang Anda gunakan juga pada ponsel Android Anda. Anda tidak harus menggunakan browser khusus, namun jika Ada crome tentu lebih mudah karena bisa langsung terintegrasi dengan google.

2. Ketik Keyword di Mesin Pencari
Selanjutnya Anda ketik "Find My Phone" pada mesin pencari Google di laptop atau komputer Anda. Google pun akan merespon dengan memberikan tampilan peta lokasi ponsel Android Anda berada dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Dalam pencarian ini Anda diminta menunggu waktu beberapa detik saja.

3. Nyalakan dering Tanpa Menelepon
Rasa lupa atau merasa kehilangan ponsel di tempat yang masih berada disekitar Anda tentu sering sekali dialami setiap orang. Saat terjadi hal seperti ini biasanya meminjam ponsel teman yang ada berasama Anda untuk meminta menelepon agar dering ponsel terdengar dan akhirnya ditemukan. Lalu bagaimana ketika Anda sedang sendiri? Google bisa membunyikan perangkat Android Anda.

Untuk mengaktifkan deringan ponsel, klik ikon atau tautan Ring pada peta di fitur Find My Phone. Kemudian, ponsel Anda akan berdering dengan volume kencang selama lima menit. Ketika Anda telah menemukannya, Anda hanya menekan tombol power pada ponsel untuk mematikan suaranya.

Perlu Anda ketahui juga, cara ini juga tidak hanya pada ponsel Android, tapi fitur pencarian ini juga bisa digunakan pada tablet Android. Walau demikian, fitur google search bukanlah satu-satunya cara untuk mengetahui keberadaan perangkat Android Anda. Fitur serupa, yakni Android Device Manager juga bisa menemukan dan membunyikan ponsel.

Android Device Manager juga dapat menguncinya dari jauh dan melakukan reset password atau menghapus data ketika ponsel Anda merasa dicuri oleh orang yang tak bertanggung jawab. 

Selain itu, bagi para pengguna iPhone juga bisa menggunakan fitur Apple yang sama persis ditawarkan Google tersebut dengan perangkat "Find My iPhone". ** (SS)
 

SHARE