Royal Enfield 350, Motor Vintage nan Memukau - Male Indonesia
Royal Enfield 350, Motor Vintage nan Memukau
MALE ID | Sport & Hobby

Apabila Anda sedang mencari tunggangan bergaya klasik namun tetap nyaman digunakan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, maka Royal Enfield 350 inilah jawabannya. Mengapa demikian?

royal enfield 350 male indonesia 1
Samihasib

Motor besutan perusahaan otomotif asal Inggris itu punya desain jadul yang memukau. Tampilannya persis kuda besi di masa Perang Dunia. Mulai dari lampu, spion serta tangki bensin bulat, knalpot menggelembung di bagian tengah ditambah jok pengendara yang dilengkapi pegas.

Sementara jok belakang berbentuk kotak dan terpisah. Jika Anda berkendara seorang diri, jok penumpang bisa dilepas sehingga Royal Enfield 350 semakin memancarkan aura klasiknya.

Karena tergolong sebagai motor vintage, Anda jangan terlalu banyak berharap akan disematkannya fitur modern di Classic 350. Sistem pencahayaan masih menggunakan lampu bohlam dan panel instrumen analog.

Dari segi pengereman, roda depan berukuran 90/90-19 memakai cakram 280 mm kaliper double piston sementara roda belakang 110/90-18 menggunakan tromol. Tidak ada anti-lock braking system (ABS) yang berguna mencegah roda terkunci saat Anda melakukan pengereman secara mendadak.

Terkait pilihan warna, Royal Enfield punya banyak alternatif. Khususnya warna redditch (tersedia warna merah, hijau dan biru) yang asal-usulnya kental akan sejarah. Pada bagian rear fender, ditambahkan logo khusus. Dimana dulu pernah digunakan di Royal Enfield prototype Royal Baby di tahun 1939, sebuah motor yang dipakai oleh tentara Inggris ketika Perang Dunia II berlangsung.

Dibandingkan jajaran produk Royal Enfield lainnya, Classic 350 mempunyai kapasitas mesin paling kecil. Berbekal mesin 346 cc, single cylinder, air cooled, SOHC, 5-speed transmission dan sistem pengabutan bahan bakar injeksi, motor ini sanggup memuntahkan torsi sebesar 28 Nm pada putaran 4.000 Rpm serta puncak tenaga sebesar 19,79 HP @ 5.250 Rpm. Performa yang dihasilkan tidak terlalu ‘ganas’ dan ‘liar’.

Pihak pabrikan menyebut bahwa motor ini sesuai bagi pemula yang ingin merasakan sensasi menaiki moge. Pasalnya, dimensi motor tidak terlalu besar. Pengendara dengan tinggi badan 170 cm dapat menapakkan kaki ke tanah secara mudah.

Berkendara dengan Royal Enfield 350, tentu menjadikan Anda pusat perhatian terutama di mata kaum hawa. Karakter mesin smooth disertai getaran dan deru mesin khas motor vintage akan sangat cocok dibawa santai sembari menikmati jalanan kota.

Sayang, satu-satunya kekurangan terletak pada bobot kendaraan yang mencapai 187 kg. Termasuk berat untuk motor bermesin satu silinder. Sehingga Anda perlu lebih waspada dalam mengendalikan motor tersebut.**GP

SHARE