Eksklusivitas Balada Ebiet G. Ade - Male Indonesia
Eksklusivitas Balada Ebiet G. Ade
MALE ID | News

Musisi Ebiet G Ade sukses merampungkan konser teranyarnya yang bertajuk "Renungan Cinta untuk Indonesia" pada 6 September 2017 lalu, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Konser yang berdurasi dua jam lebih ini dipoles apik dengan perpaduan tatanan cahaya dan format multimedia.

Selain polesan apik dari segi visual, dalam konser yang dipromotori Indonesia Music Network (IMN) ini, Ebiet menggandeng musisi Hendri Lamiri dan pembacaan puisi dari sastrawan Mustofa Bisri (Gus Mus). Selama dua jam itu, 20 lagu pilihan dari album pertama (Camelia I-1979) hingga album terbarunya (Serenade-2014), Ebiet berhasil membius para penonton.Ebiet yang lebih suka menyebut konser ini dengan ngamen, dimulai sekitar pukul 20.30 WIb. Lampu meredup tiba-tiba, layar hitam yang menutupi panggung perlahan menyibak, lampu dari belakang panggung menembak Ebiet yang duduk dikursi dan memegang gitarnya. "Jakarta I" sebagai lagu pembuka memecah hening ruang teater yang redup. Kemudian disambut riuh tepuk tangan.

Ebiet G Ade (1)

Para penonton tersihir, bulu kuduk perlahan naik saat suara emasnya mulai menyanyikan larik pertama. Dikerumunan 1100 penonton, ada yang diam terkagum, ada yang ikut menyanyi larik demi larik lagu "Jakarta I" hingga selesai. "Lagu ini adalah lagu di mana saya pertama kali ke Jakarta," ucap Ebiet .

Ebiet G. Ade dan "Balada" yang Sehat
Terlahir dengan mama Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far di Wanadadi, Banjarnegara, Jawa Tengah, 21 April 1954, dikenal sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu dengan genre balada yang bertemakan alam dan duka derita kelompok tersisih.

Dari sekian lagu-lagunya yang empiris, lagu dengan judul "Berita Kepada Kawan" menjadi lagu paling populer hingga saat ini. Mengapa tidak, karena lagu itu kerap jadi theme song dalam setiap berita bencana alam dan benca lain di televisi-televisi.

Kemudian, anak paling bungsu dari enam bersaudara ini menyadari jika semua lagunya tidak begitu dikenal oleh generasi muda saat ini. "Yang dikenal mungkin yang populer," ujar Ebiet saat ditemui di FX, Sudirman, Jakarta Selatan, akhir Agustus 2017.

Selian itu, tidak dipungkiri mengapa para generasi muda atau generasi milenial saat ini asing dengan lagu-lagunya. Sadar atau tidak, sangat jarang mendengar juga lagu-lagu Ebiet di-recycle atau dinyanyikan ulang oleh penyanyi-penyanyi saat ini.

"Padahal saya tidak pernah melarang atau membatasi karya saya dinyanyikan orang lain," ucap putra dari Aboe Dja'far dan Saodah ini.


IMG20170906201452 (600 x 450)

Padahal, dia mengaku tidak ada tendensi lagu yang dia ciptakan memiliki kesakralan. Lagunya, lanjut Ebiet, biasa saja. "Tidak lebih baik dari orang lain," kata dia.

Lalu apa jika bukan kesakralan hingga lagu-lagunya begitu jarang terdengar dari vokal-vokal penyanyi muda? Pria yang kini berusia 63 tahun, akhirnya mengaku, sebenarnya ada beberapa penyanyi yang menghubungi manajemen bahkan menghubungi dirinya untuk meminta izin untuk dinyanyikan ulang, dijual diekspoiltasi secara komersial.

"Tapi saya banyak persyaratan, mungkin salah saya, saya terlalu menganakemaskan karya-karya saya. Akibatnya saya melarang," ujar dia. "Mungkin lagu ini tidak pas dinyanyikan penyanyi ini. Saya terlalu menjaga supaya lagu ini tetap sehat meski saya sudah tidak sehat," tambah Ebiet tertawa kecil.

Namun, sahabat dari Emha Ainun Nadjib ini bersyukur karena sudah mengikuti nalurinya agar tidak dinyanyikan oleh penyanyi lain. Karena menurutnya, mungkin bisa dijadikan sebuah warisan untuk anak-anaknya.

"Saya bersyukur lagu saya belum atau tidak terlalu banyak dinyanyikan penyanyi lain, tapi anak saya (Adera) suka juga menyanyikan lagu-lagu saya dan bagus. Yang bungsu juga bagus," pungkas Ebiet.

Akhirnya, lagu "Berita Kepada Kawan" menjadi penutup konser terbarunya itu. Uniknya, Penonton tak beranjak dari kursinya. "Terima kasih selama dua jam lebih tidak ada yang beranjak meninggalkan kursi untuk pulang, sebuah kehormatan bagi saya, meski saya menyanyi hanya duduk selama dua jam," tutur Ebiet G. Ade menutup konser. **

SHARE