8 Taktik Menangkap Pembohong Pada Kencan Pertama - Male Indonesia
8 Taktik Menangkap Pembohong Pada Kencan Pertama
MALE ID | Relationships

Menangkap pembohong pada kencan pertama akan sulit dilakukan oleh pria. Apalagi sedang dimabuk asmara. Kencan pertama adalah momen paling bahagia atau bisa dikatakan sebagai fase pertama paling indah dalam sebuah hubungan. Sehingga orang yang sedang dalam fase ini, tidak akan sadar sedang masuk dalam jebakan.

kencan pertama - male Indonesiapexels.com

Memang tidak ada yang melarang ketika Anda merasa bahagia pasca jalin hubungan dan melakukan kencan pertama Anda. Tetapi Anda juga harus tetap waspada dalam situasi apapun. Apalagi Anda adalah seorang pria, tidak lucu ketika Anda sudah senang, ternyata Anda sedang dibohongi. 

Untuk lebih waspada saja, Anda perlu tahu, meski pria kerap diidentikkan sebagai gender yang pandai berbohong.  Namun, hal itu tidaklah sepenuhnya benar, Peneliti dari Archives of Sexual Behaviour mengatakan, wanita justru jauh lebih ahli soal tipu-menipu pasangannya. Ini karena kaum hawa lebih teliti terhadap konsekuensi kebohongan mereka. Lalu bagaimana menapkan pasangan Anda sedang berbohong dari awal atau pada saat kencan pertama?

Tetap Fokus Pada Teman Kencan
Saat kencan pertama, pasti akan merasakan rasa gugup dan sadar diri. Rasa itulah yang memungkinkan seorang pria menjadi begitu terfokus pada perilaku diri sendiri. Artinya, saat gugup, pria akan lebih memerhatikan tingkah laku, perkataan, dan atau sikapnya agar terlihat baik di depan wanita. Sehingga pria tidak waspada apa yang sedang ada dihadapannya. Seharusnya tetap waspada dan jeli sehingga Anda dapat mengevaluasi apakah orang yang ada dihadapan Anda itu jujru atau menyembunyikan rahasi.

Perhatikan Mata
Mata seseorang akan mengungkapkan volume informasi yang berharga. Ketika seseorang tidak jujur, mereka akan mengalami kesulitan untuk mempertahankan kontak mata terhadap Anda. Terlebih lagi, orang penipu akan berkedip lebih dari biasanya dan lebih banyak melirik ke lingkungan di mana ia duduk. Ia tidak akan fokus pada diri Anda. Teori pembohong ini tentu Anda khatam betul, namun akan lupa ketika Anda menjalani kencan pertama. 

Dengarkan Pola dan Tanda Bicaranya 
Jadilah sadar ketika orang yang ada dihadapan Anda mengulangi pertanyaan Anda atau meminta Anda untuk mengulanginya. Ini adalah taktik untuk merumuskan respon yang masuk akal untuk mengindari keheningan canggung. Ragu-ragu, bergumam, dan garis singgung juga menjadi indikator orang mungkin mengatakan kebohongan. Karena orang yang tidak jujur sering memberikan diri penjelasan yang sangat rumit dan berbelit-belit saat berbicara.

Membaca Reaksi Non verbal
Para peneliti mengatakan bahwa, hingga 85 persen dari komunikasi manusia adalah nonverbal, menyampaikan sesuatu dengan posisi tubuh dan postur atau gestur, nada suara, dan ekspresi wajah. Perhatikan sisi gelisah wanita yang ada dihadapan Anda, apakah kegelisahannya berlebihan atau tidak. Untuk sisi postur tubuh atau gestur tubuh, ia akan melakukan bentuk posisi pertahanan, seperti lengan dilibat erat, bibir mengerucut, dan kerap membetulkan perilaku (seperti memainkan rambut mereka atau membetulkan baju yang sebenarnya tidak begitu rusak atau lusuh).

Perhatikan Fakta-fakta
Saat makan malam, tentu banyak informasi yang ingin Anda dapatkan dari seorang wanita yang Anda ajak kencan. Berikan pertanyaan mengulang ketika Anda melakukan pedekatan sebelumnya, seperti tempat tinggal, tanggal lahir, kebiasaan, makanan kesukaan, dan lain-lainnya. Biasanya orang yang menipu akan mengucapkan fakta yang berbeda. Kadang mereka akan berpikir keras untuk mencocokan fakta-fakta yang pernah ia ucapkan kepada Anda.

Tidak Memberikan Informasi Rinci
Tentu sebagai kekasih Anda adalah orang yang harus tahu segala bentuk dasar wanita yang Anda kencani. Seperti pekerjaan, hobi, pendidikan, keluarga, dan lain sebagainya. Memang, tidak semua orang adalah buku yang terbuka setiap kencan pertama, tetapi jika ia kerap mengelak saat ditanya perihal informasi dasar, Anda harus bertanya-tanya, apa yang ada dibalik 'pintu terkunci' itu. Orang yang tidak jujur memasang tembok besar untuk menghambat komunikasi sehingga Anda tidak akan terlalu dekat dengan daerah mereka yang ingin disembunyikannya.

Perhatikan Pernyataan yang Berlebihan
Siapa yang tidak bangga dengan menceritakan segala prestasi kepada pasangannya. Tetapi Anda jangan begitu saja percaya atas apa yang ia sampaikan. Misalnya prestasi, bakat, latar belakang, dan sebagainya. Ketika wanita yang dihadapan Anda saat kencan pertama bercerita soal hal tersebut begitu berlebihan, Anda wajib berhati-hati. Apalagi menyanjung Anda begitu berlebihan.

Jangan Mengabaikan Naluri Anda
Ketika Anda datang pada sebuah kesempatan berkencan, tentu banya naluri yang berkecamuk, rasa senang, atau rasa aneh, dan bisa saja ragu-ragu. Rasa mana yang lebih hebat Anda rasakan. Jangan mengabaikan rasa tersebut hanya demi Anda baru saja ingin kencan pertama dengan wanita dambaan Anda. Naluri selalu berkata benar. Intuisi Anda adalah panduan Anda terhindari dari seseorang yang kan membohongi Anda. ** (SS)

SHARE