Spot Diving Terbaik di Nol Kilometer Indonesia - Male Indonesia
Spot Diving Terbaik di Nol Kilometer Indonesia
MALE ID | Relax

Barangkali Anda mengira jika spot diving terbaik di Indonesia berada di kawasan Pulau Dewata dan sekitarnya saja. Padahal, masih banyak tempat guna menikmati keindahan bawah laut. Di manakah tempat tersebut berada?

spot diving terbaik male indonesia 1
Hirmawan Mahmud/flickr

Terletak di sisi paling barat Nusantara, Pulau Weh cenderung jarang mendapat sorotan. Walau demikian, pesona pulau yang kerap disebut-sebut sebagi titik nol kilometer di Indonesia ini punya pesona yang tidak kalah menariknya dari segi wisata bahari.

Ya, Pulau Weh adalah surga bagi pecinta diving. Dikelilingi terumbu karang indah dan batuan koral di sepanjang pantai serta ombak beraksen biru kristal nan tenang. Para penyelam internasional bahkan tidak ragu menyebut pulau ini sebagai spot diving terbaik di tanah air.

Dengan sekitar 20-30 titik penyelaman, siap-siap saja Anda dimanjakan oleh biota dalam laut mengesankan. Berniat berkunjung ke sana, MALEnials? Kami punya setidaknya tujuh spot diving terbaik di Pulau Weh yang sayang untuk dilewatkan. Berikut uraian selengkapnya.

spot diving terbaik male indonesia 2

Pantee Peunateung
Pantee Peunateung biasa dijuluki akuarium alami. Anda dapat menyelam sembari menemukan ribuan spesies bawah laut mengagumkan. Disertai panorama sendu dan tentram, spot ini juga menjadi rumah bagi terumbu karang di kedalaman 30 meter. Dijamin, gulungan ombak besar yang menerjang pasir pantai serta pohon kelapa di pinggirnya akan sangat memanjakan Anda.

Limbo Gapang
Ingin berkawan bersama kura-kura laut? Maka Limbo Gapang-lah tempatnya. Anda bakal disambut oleh batuan koral membentuk jamur setinggi tujuh meter. Belum lagi lautan berwarna biru muda menciptakan kesan mendalam buat perjalanan Anda.

Sumur Tiga
Apabila Anda hanya berencana snorkeling, pergilah ke Sumur Tiga. Tenangnya arus berpadu dengan taman koral serta kecantikan terumbu karang memberikan pengalaman menarik bagi diver. Anda juga bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba bermain dari dekat. Sungguh menarik, kan?

Arus Balee

spot diving terbaik male indonesia 3
Lokasinya berada di tengah-tengah Pulau Plau Rubia dan Seulako serta dibatasi oleh puncak berbatu. Arus Balee termasuk ke dalam spot diving terbaik bahkan sangat populer. Pasalnya, Anda bisa menemukan banyak sekali makhluk penghuni Samudera Hindia, salah satunya kawanan hiu. Tak perlu khawatir, hiu di sini cukup jinak.

Batee Tokong
Batee Tokong menjadi satu di antara sekian banyak spot yang difavoritkan para diver. Penyebabnya tidak lain daratan dalam laut memanjang ke permukaan dan membentuk tebing setinggi 25 meter, berbalut dengan panorama indah serta sering disinggahi kawanan hiu. Pada kedalaman tertentu, Anda dapat menjumpai berbagai spesies gurita, lion fish, scorpion fish, frog fish sampai nudibranchs.

Batee Gla
Dari pinggir pantai, akan terlihat deretan bebatuan menggunung di kedalaman 40 meter. Penyelam turut dimanjakan oleh arus yang sangat tenang. Cocok bagi Anda jika hendak menikmati alam bawah laut. Hanya saja Anda bakal bertemu belut laut, sehingga tetap waspada, ya!

Sophie Rickmers
Mungkin bisa disebut sebagai spot diving terbaik dibandingkan seluruh spot di atas. Sophie Rickmers merupakan bangkai kapal kargo yang karam di kedalaman 50 meter dan sudah ada di Pulau Weh sejak 1940-an. Bangkainya justru menjadi pusat perhatian para diver yang ingin menjelajahi kapal. Di sini juga Anda dapat menemukan spesies langka angel fish.**GP

SHARE