Memerlakukan Gaji dengan Bijak Setiap Kali Gajian - Male Indonesia
Memerlakukan Gaji dengan Bijak Setiap Kali Gajian
MALE ID | Works

Setiap kali menerima gaji, sedikit pria yang bisa memerlakukan gaji dengan bijak. Pasti sebagian orang khususnya pria tentu akan lebih berpikir untuk berangkat hangout bersama teman-teman. Entah apa yang merasukinya.

 Gaji dengan Bijak - male Indonesiapexels.com

Bahkan, contoh lain pria kurang memerlukan gaji dengan bijak konon lebih boros saat belanja ketimbang wanita. Siapa yang tidak ingin belanja usai menerima gaji bukan? 

Menurut The Sensis eBusiness Report seperti dilansir laman News.com.au, pria tetap orang paling boros ketimbang wanita saat berbelanja di dunia maya. Direktur komersial Sensis, Rob Tolliday, mengatakan kondisi ekonomi yang lesu dan pemotongan harga barang elektronik adalah faktor yang menjadi penyebab merosotnya belanja online untuk pria.

Jika terus-terusan seperti itu, hari tua Anda akan terancam. Untuk itu, pria benar-benar harus memerlakukan gaji dengan bijak. Tentu hal yang pertama bisa Anda lakukan terhadap gaji yang Anda terima adalah menghitungnya. Berapa besaran gaji yang Anda terima setiap bulannya. Jika ternyata jumlahnya tidak sesuai dengan yang tertera pada slip gaji, Anda bisa segera mengajukan komplain. 

Dengan begitu, kekurangan gaji yang diberikan bisa diproses dengan cepat. Jangan diam ketika gaji Anda tidak sesuai dengan slip gaji. Sebab, menghitung gaji bulanan juga memiliki manfaat untuk mengetahui jumlah bonus yang akan diterima. Jadi, lebih mudah juga untuk mengetahui jumlah potongan gaji yang Anda terima. Lebih baik lagi, Anda tak memiliki potongan justru bonus. Lalu seperti apa memerlakukan gaji dengan bijak setelah menerimanya?

1. Sisihkan untuk Pengeluaran Rutin
memerlakukan gaji dengan bijak yang pertama, setelah menghitungnya, Anda perlu menyisihkan sebagian gaji Anda untuk biaya pengeluaran rutin. Seperti halnya, listrik, air, telepon, internet, biaya pendidikan, dan atau asuransi. Apa pentingnya? Pentingnya untuk tetap bertahan hidup hingga bulan depan saat gaji yang Anda terima tiba-tiba habis dipertengahan bulan.

Selain itu, untuk mengetahui jumlah yang akan disisihkan, susunlah daftar pengeluaran rutin Anda. Kemudian, Anda piirkan berapa jumlah yang akan dihabiskann dalam satu bulan. Dengan demikian Anda jumlah yang dikeluarkan bisa konstan setiap bulannya.

2. Sisihkan untuk Investasi
Investasi adalah hal paling penting bagi pria khususnya. Apalagi Anda yang masih single. Sebab, selain tabungan, investasi ini juga bisa diandalkan untuk bekal hari tua. Orang yang memiliki jumlah tabungan dan investasi yang besar, dipastikan hari tuanya akan menjadi sangat indah. Jika Anda mendambakan hal yang sama, mulailah untuk berinvestasi dari sekarang.

Perlu diketahui, sebesar apapun gajinya, setiap pria wajib rasanya untuk berinvestasi. Sebab, investasi tidak hanya dilakukan orang-orang kaya. Anda yang gajinya pas-pasan juga bisa menempatkan dana di instrumen investasi. Sepertihalnya, deposito, reksa dana, ataupun saham. Ketiga jenis investasi memiliki return yang terbilang cukup lumayan. Jika Anda punya gaji yang besar, jangan ragu untuk mulai berinvestasi di bidang properti.

3. Sisihkan untuk Ditabung
Seperti disinggung di atas, mena bung dan investasi menjadi instrumen yang baik untuk hari tua. Bahkan, ketika Anda bisa menyisihkan untuk menabung, berarti Anda telah bijak memerlakukan gaji Anda. Sisa dari gaji bulanan yang diterima bisa dimasukkan ke dalam rekening tabungan atau celengan. Agar jumlahnya selalu konstan setiap bulan, Anda juga bisa langsung menyisihkan 10 -15% dari total penghasilan untuk ditabung ketika Anda menerima gaji.

4. Sisihkan untuk Dana Darurat
Dalam kehidupan memiliki misteri sendiri, setiap orang tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi satu menit, bahkan satu detik kedepan sekalipun. Oleh sebab itu, perlu disadari akan pentingnya menyisihkan dana darurat. Sesuai dengan namanya, dana darurat ini nantinya akan digunakan untuk membiayai peristiwa-peristiwa darurat, seperti sakit dan kecelakaan. Ketika sudah memiliki dana tersebut, apapun yang terjadi Anda tidak akan dipusingkan dengan peristiwa dadakan. ** (SS)

SHARE