Kebiasaan Usai Olahraga Lari yang Harus Dihindari - Male Indonesia
Kebiasaan Usai Olahraga Lari yang Harus Dihindari
MALE ID | Sport & Hobby

Olahraga lari adalah olahraga yang biasa dilakukan oleh setiap orang, baik itu tiga kali dalam seminggu setiap paginya. Atau bahkan setiap akhir pekan bagi mereka yang memang memiliki waktu olahraga yang hanya dapat dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu saja demi menjaga kebugaran tubuh.

olahraga lari - male Indonesiapxhere.com

Namun, meski telah melakukan olahraga lari, ada beberapa kebiasan yang kerap diabaikan yang justru menjadi sebuah kebiasaan. Padahal jika terus dilakukan hal ini dapat membuat efek yang kurang baik terhadap tubuh. Agar efek dari olahraga lari Anda lebih maksimal, sudah saatnya Anda harus mengurangi kebiasan buruk ini. Apa saja kebiasan tersebut?

Tidak Melepas atau Mengganti Pakaian Olahraga
Meski Anda tidak mengeluarkan keringat terlalu banyak, mengenakan baju yang lembab atau basah akan memberikan kesempatan bakteri untuk menempel. Selain itu, baju yang lembab dan basah membuat suhu tubuh Anda menurun dari angka normal. 

Jadi, segera ganti pakaian, kaos kaki, dan sepatu setelah olahraga lati untuk menjaga otot-otot di tubuh tetap hangat dan lentur. Langkah ini akan memromosikan sirkulasi darah yang bagus, yang akan mempercepat proses pemulihan setelah berlari. Ketika langsung melepas sepatu setelah berlari akan membuat otot-otot Anda kembali rileks.

Abai Terhadap Proses Pemulihan
Berapapun kecepatan Anda melalukan olahraga lari, baik itu kecepatan lambat atau cepat, Anda jangan mengabaikan proses pemulihan setelah berlari. Karena tubuh tetap membutuhkan proses pemulihan. Jaga tubuh Anda dengan benar, seperti yang dilakukan para atlet profesional. Dan Anda akan mendapatkan hasil latihan yang signifikan.

Langsung Beraktivitas Berat
Kebiasan selanjutnya usai olahraga lari yang kerap dilakuakn adalah melakukan kegiatan berat. Secara sugesti mungkin baik, ketika bada berkeringat Anda bisa langsung melakukan kegiatan berat seperti membereskan rumah, mengangkat barang-barang, atau kerja berat lainnya. 

Padahal, apa yang Anda lakukan itu akan membuat otot-otot tubuh Anda merasa sangat lelah, terutama saat Anda dehidrasi atau kekurangan nutrisi setelah berlari. Selain itu, hal ini meningkatkan risiko Anda mengalami cedera. Jika masih memungkinkan, lakukan pekerjaan berat (secara fisik) beberapa jam setelah Anda berlari.

Langsung Minum dan Makan
Hal lain yang kerap dilakukan setelah berlari adalah langsung minum dan makan. Kini saatnya ubah kebiasaan tersebut, lebih baik untuk minum dan makan setelah berlari paling tidak memiliki tenggang waktu paling tidak 20 sampai 30 menit. Jika Anda harus segera ke kantor atau ada janji lain setelah berlatih, kemas container box dengan cemilan. Selain itu, hindari makan secara berlebihan. Jangan beranggapan Anda bisa makan apa saja karena telah melakukan olahraga lari. ** (SS)

SHARE