Kebiasaan Umum yang Bisa Merusak Rambut - Male Indonesia
Kebiasaan Umum yang Bisa Merusak Rambut
MALE ID | Looks

Banyak pria yang masih tidak sadar jika kebiasaan sehari-harinya dapat merusak rambut. Kebiasaan sehari-hari yang umum dilakukan ini bisa saja karena malas atau memang rasa nyaman namun memiliki efek yang tidak baik terhadap penampilan untuk jangka panjang.

merusak rambut - male Indonesia
Photo credit: Nico Giraldez on Visual Hunt / CC BY-NC

Salah satu kebiasaan grooming yang salah untuk rambut Anda adalah merapikan rambut dengan jari Anda. Lebih baik hentikan dari sekarang, karena ketika Anda masih melakukan kebiasaan tersebut, akan mengakibatkan kulit kering pada kepala dan akan menyebabkan keriting tak terkendali. 

Selain menggunakan tangan, berikut sederet kebiasaan umum yang dilakukan pria tanpa sadar dapat merusak rambut. 

Sering Keramas
Kebiasaan pertama yang sering umum dilakukan adalah kebiasaan keramas. Mencuci rambut terlalu sering sebenarnya dapat mengurangi minyak alami kepala. Minyak alami ini justru baik untuk menjaga rambut tetap berkilau dan sehat. 

Ketika Anda sering keramas dan menggunakan shampoo, ini justru bukan melindungi rambut Anda. Melainkan akan merusaknya. Pasalnya, ketika rambut basah, justru rambut akan rentan rusak. Terus, ketika sering menggunakan shampoo juga akan memudarkan warna rambut Anda dengan cepat. 

Para ahli merekomendasikan bahwa, mencuci rambut lebih baik lakukan setiap dua sampai tiga hari sekali. Selain itu, Anda juga perlu mencoba untuk menghindari penggunaan shampoo untuk beberapa hari. Bukan melarang, namun jangan menggunakannya setiap hari.

Keramas dengan Air Panas
James Bond adalah penggemar air dingin saat mandi. Kebiasaan ini perlu Anda coba. Secara ilmiah, mandi menggunakan air hangat memang memiliki manfaat untuk fisik dan mental, seperti mengurangi stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan energi. Namun, tidak sedikit saat melakukan mandi air panas ini, pria kerap membasahi seluruh tubuh mulai dari kepala. 

Padahal, saat mandi air panas sesekali tidak perlu untuk membasahi seluruh badan dari mulai kepala. Karena air panas rentan terhadap pengupasan minyak alami kepala yang dapat menyebabkan ketombe dan kulit kering pada kepala. 

Menyisir Saat Rambut Basah
Kebiasan umum yang dilakukan berikutnya menyisir rambut basah. Kebiasaan ini sebaiknya Anda hentikan. Karena saat rambut basah langsung Anda sisir, ini menyebabkan kerontokan. Karena rambut basah lebih lemah dari rambut kering. 

Jika alasannya karena terburu-buru, lebih baik Anda siapkan sisir bergerigi lebar untuk meminimalkan kerusakan atau kerontokan rambut Anda saat merapikan rambut setelah mandi.

Merokok
Merokok tidak hanya dapat merusak kesehatan tubuh. Tetapi juga dapat merusak keindahan rambut Anda. Karena selain merokok memungkinkan radikal bebas menumpuk di tubuh dan kerusakan sel, juga dapat merusak folikel yang menghasilkan rambut. Radikal bebas yang masuk dalam tubuh Anda tidak hanya masuk dalam paru-paru saja, tetapi juga akan menghambat dan menyempitkan pembuluh darah Anda yang membatasi aliran oksigen ke kulit kepala. 

Sebuah studi juga mengatakan bahwa dengan merokok dapat menipiskan dan membuat rambut berubah secara dini. Bahkan, rambut Anda juga akan terlihat kusam, rapuh, dan membuat rambut memiliki bau yang tak sedap.

Menggunakan Minyak Rambut Berlebih
Kebiasaan lain yang dapat merusak rambut Anda adalah berlebihnya penggunakan produk untuk rambut seperti minyak rambut atau pomade. Gunakan seceukupnya saja, yang terpenting adalah membuat rambut tetap lembab. 

Menggunakan terlalu banyak penggunakan minyak rambut atau pomade ini dapat mencegah kelembaban hingga batang rambut, sehingga kuilit kepala Anda menjadi berminyak, yang kemudian menjadi kotor dan akhirnya berketombe.

Menggosokan Handuk
Kebiasaan yang tidak pernah disadari pria setelah mandi adalah menggosokan handuk ke kepala. Mungkin sugesti menggosokan handuk kering kepala akan lebih cepat membuat rambut kering. Justru hal itu akan merusak rambut Anda.

Jika ingin mengeringkan, jangan lagi menggunakan cara dengan gerakan menggosok. Tidak ada salahnya pria juga memiliki pengering rambut demi kesehatan rambut Anda. Beberapa ahli justru menyarankan blotting dengan handuk kertas untuk kelembutan maksimal.

Jarang Mencukur Rambut
Salah satu cara untuk menghilangkan rambut rusak adalah dengan memotongnya atau mencukur rambut. Jadi, ketika Anda ingin mendapatkan rambut sehat, berikan jadwal teratur untuk datang ke tempat pemotongan rambut. Sehingga rambut tetap mendapatkan regenerasi. 

Rambut rusak pun terbuang. Beberapa ahli menyarankan enam minggu sekali Anda untuk datang ke tempat pemotongan rambut. Meski itu untuk memotong rambut sedikit. Tapi itu efektif untuk membuang rambut yang telah rusak.

Mengikat Rambut
Ketika rambut telah terasa panjang atau sengaja dipanjangkan, tentu ketika merasa tidak nyaman, karet adalah salah satu benda penyelamat paling mumpuni untuk merapikan rambut. Padahal hal itu justru akan merusak keindahan rambut panjang Anda. Rambut panjang yang kerap diikat akan menyebabkan kerontokan. 

Jika Anda merasa risih dengan rambut panjang Anda, ikatlah dengan longgar, jangan terlalu kencang. Yang terpenting merapikan bukan? ** (SS)


 

SHARE