Beda Boss dan Leader, Kenali Pimpinan Anda - Male Indonesia
Beda Boss dan Leader, Kenali Pimpinan Anda
MALE ID | Works

Sorang pimpinan tentu memiliki dua sebutan yang berbeda, yakni bos dan leader. Seorang karyawan tidak hanya begitu saja menyebutnya sebagai bos atau leader. Karena keduanya memiliki karakter yang berbeda. Khususnya saat berhadapan atau memperlakukan karyawannya.

bos dan leader - Male Indonesia pxhere.com

Perbedaan karakter terhadap pimpinan Anda di kantor dapat terlihat dari perbedaan antara karakter bos dan leader. Anda tidak perlu menganalisa dalam-dalam jika pimpinan Anda termasuk pada karkter bos atau leeder. Karena perbedaan dasar dari keduanya sangat terang-terangan berbeda.

Perbedaan bos dan leader ini juga dapat menjadi sebuah acuan untuk Anda yang menduduki kursi  manajerial. Jika menemukan bahwa yang Anda lakukan menghambat produktivitas, kreativitas, dan hubungan dengan karyawan, artinya ada sesuatu yang salah pada jiwa kepemimpinan Anda. Untuk itu, baik Anda seorang karyawan dan pimpinan dapat menyimak setidaknya empat perbedaan antara bos dan leader.

Orientasi
Perbedaan mendasar antara bos dan leader adalah dalam orientasinya. Meski sama-sama berorientasi pada hasil namun, bos akan lebih menuntut cepat terhadap karyawannya untuk mendatangkan profit bagi perusahaan tanpa memberikan apresiasi sama sekali. 

Sedangkan, leader tetap memikirkan keuntung namun ia menghargai sebuah proses karyawannya. Mereka yang sebagai leader akan melakukan banyak dialog dengan bawahannya agar dapat saling membantu dan bertukar pendapat demi terapainya target bersama.

Kontribusi Karyawan
Tidak sedikit bos hanya percaya pada satu karyawan saja, biasanya itu cara pandangan bos yang memiliki pandangan sempit. Ia tidak ingin memberikan kesempatan pada orang lain terutama para karyawan-karyawan baru, meski karyawan baru tersebut memiliki potensi luar biasa.

Leader justru akan mendengarkan setiap argumentasi dari setiap karyawan dengan tingkatan terendah hingga tertingi. Karena, menurut pandangan seorang leader, semakin banyak masukan, maka pendapat atau argumen itu dapat disatukan sehingga menemukan hasil bersama sesuai kesepakatan.

Peraturan dan Pengawasan
Seorang bos, akan menjunjung tinggi disiplin ketat terhadap para karyawannya, namun hal ini justru berbanding terbalik terhadap dirinya sendiri. Selain menjungjung tinggi kedisiplinan, seorang bos juga memiliki tingkat controling rendah dan terlalu menekan karyawannya sesuka hati mereka.

Berpikir realistis justru jatuh pada seorang leader terhadap kedisiplinan ini. Para leader akan memperlakukan karyawannya senyaman mungkin asalkan semua target dan tugas dapat terselesaikan dengan  baik oleh para karyawannya. Ketegasan dan realitistis seorang leader tetap akan menegur karyawannya jika melakukan kesalahan, sehingga sosok leader terbilang bijaksana, fleksibel, namun tegas.

Konflik Internal
Seorang bos dan leader paling menonjol perbedaannya adalah perihal mengatasi konflik. Seorang bos cenderung akan menyalahkan karyawannya saat karyawan tersebut mengahadapi massalah atau kesalahan. Bahakn seorang bos tidak ingin ikut terlibat untuk menyelesaikan apa yang terjadi pada karyawannya sendiri.

Selalu ada perbandingan terbalik, seorang leader justru akan memberikan karyawan kesempatan untuk menjelaskan alasan apa yang menjadi menjadi masalah sehingga ia mengalami kesalahan. Seorang leader akan mau mendengarkan, memberikan solusi, dan bersama-sama mencari jalan keluarnya.

Jadi dari empat perilaku yang dimiliki di atas, mencerminkan pimpinan Anda yang seperti apa, bos atau leader?


 

SHARE