Keunggulan Chipset Terbaru Kebanggaan Qualcomm | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Keunggulan Chipset Terbaru Kebanggaan Qualcomm
Gading Perkasa | Digital Life

Qualcomm telah memperkenalkan kepada publik keunggulan chipset mobile terbarunya berupa Snapdragon 845 beberapa waktu lalu. Chipset ini sudah mulai digunakan pada sebagian smartphone flagship masing-masing pabrikan.

keunggulan chipset - male Indonesiapexels.com

Terdapat begitu banyak fitur baru di dalamnya. Seperti CPU dan GPU yang jauh lebih mumpuni dibandingkan generasi pendahulunya, hingga dukungan Gigabit LTE dan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI).

Di samping itu, masih banyak keunggulan chipset Snapdragon 845 yang bisa Anda rasakan ketika Anda memutuskan membeli smartphone baru dimana telah tersemat chipset tersebut di dalamnya. Seperti penjelasan pihak Qualcomm yang membaginya ke dalam lima pilar utama. Antara lain:

Kecerdasan Buatan
Qualcomm menyiapkan Snadragon 845 sebagai pusat pengolahan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI). Pengolahan AI di chip ini ditangani tiga sektor mumpuni. Pihak Qualcomm mengklaim, pengolahan AI Snapdragon 845 tiga kali lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya, Snapdragon 835. Beberapa pengembangan AI pun juga terbuka. Mulai dari asisten personal yang lebih pintar, hingga menghasilkan efek ‘bokeh’ di foto tanpa perlu kamera ganda.

Performa
Seperti versi pendahulunya, Qualcomm tetap menggunakan proses fabrikasi 10nm untuk Snapdragon 845. Yang membedakan adalah, core CPU-nya kini menggunakan delapan inti Kryo 385, sementara GPU menjadi Adreno 630, sehingga gambar yang dihasilkan nyaris sempurna. Performanya juga diklaim lebih tinggi sekitar 30%, dengan konsumsi daya yang relatif lebih rendah. Karena ada fitur Quick Charge 4+, dimana mampu mengisi 50% baterai dalam kurun waktu 15 menit.

Immersion
Keunggulan chipset Snapdragon 845 berikutnya, konten visual yang dihasilkan lebih memukau dengan graphic processing unit (GPU) Adreno 630 dan image signaling processor (ISP) Spectra 280. Kombinasi kedua komponen tersebut membuat pengguna smartphone dapat merekam video HD slow motion hingga 480 fps, Multi Frame Noise Reduction untuk foto, VR dan AR serta video ultra HD premium disertai kedalaman warna 10-bit.

Jaringan
Sektor jaringan menjadi salah satu bisnis inti Qualcomm. Snapdragon 845 mempunyai modem 4G LTE X20 terbaru dengan kecepatan transfer data mencapai 1.2 Gbps, dan License Assisted Access. Turut didukung dual-SIM dual-VoLTE, yang artinya kedua kartu SIM di perangkat smartphone dapat menggunakan jaringan 4G LTE. Di samping itu, perangkat mudah tersambung ke perangkat Bluetooth lain secara bersamaan tanpa gateway.

Keamanan
Di dalam Snapdragon 845 tertanam Secure Processing Unit (SPU) disertai random number generator untuk membuat kunci dalam transaksi digital. Karena menerapkan keamanan berbasis hardware, Qualcomm mengklaim Snapdragon 845 jauh lebih mumpuni dalam menangkal serangan hacker. Turut disematkan kunci biometrik berupa pemetaan wajah secara tiga dimensi seperti Face ID pada iPhone X. Artinya, ponsel Android berbasis Snapdragon 845 bisa menggunakan biometrik selayaknya ponsel andalan Apple.**GP

SHARE